Berita

Expose Hasil Psikotes sekaligus Workshop Peningkatan Kompetensi Guru di MTsN 1 Magetan

Magetan – (14/01/2023) Fakultas Psikologi dan Kesehatan kembali terjun memberikan abdi dan berperan langsung dalam masyarakat.

Kali ini Fakultas Psikologi dan Kesehatan terlibat dalam workshop yang diadakan dalam rangka peningkatan kompetensi guru.

Penjelasan hasil psikotes dan workshop peningkatan kompetensi guru dalam mengenali potensi akademik dan kepribadian siswa ini diisi oleh Rizma Fithri, S.Psi, M.Si. selaku dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan.

Peserta yang merupakan guru dan staff MTsN 1 Magetan ini mengikuti kegiatan dari pukul 08.00 hingga 12.30, pada Sabtu, 14 Januari 2023.

Berlokasi di Lawu Green Forest Magetan, kegiatan ini juga dihadiri oleh Siti Nurhayati, M.Pd.I selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum MTsN 1 Magetan.

Pertama-tama Fakultas Psikologi dan Kesehatan menjelaskan pada para audiens mengenai klasifikasi kecerdasan dari IQ 80 yang merupakan normal hingga IQ 180 yang merupakan genius.

Dilanjutkan dengan pemaparan berbagai jenis bakat, yakni Kemampuan Aritmatika, Spasial, Verbal, Penalaran, Berfikir Konvergen, serta Penalaran Kategoris pada skor IQ 124 superior dan pada skor IQ 79 borderline.

Tak lupa dipaparkan pula hasil tes, dimana Interaksi Sosial, Emosional, Rasa Empati, Motivasi Berprestasi, dan Keterbukaan siswa berada di taraf Cukup.

Demi pengembangan layanan guru dan staf MTsN 1 Magetan, audiens diberikan penjelasan mengenai klasifikasi gifted, karakteristik guru bagi anak gifted, problematika anak gifted, serta tipe anak gifted yang underachiever. (AYD)