Berita

Perpustakaan

Wednesday, 13 July 2022

Dukung UINSA Menjadi Writing University, Perpustakaan Adakan Kegiatan “Bisa Sekawan: Pemanfaatan Digital Library dan Repository”

Rabu, 13 Juli 2022. Perpustakaan UINSA mengadakan kegiatan Bincang Santai Perpustakaan Seputar Perpustakaan (Bisa Sekawan) dengan topik “Pemanfaatan Digital Library dan Repository.” Kegiatan Bisa Sekawan edisi ini cukup berbeda dari kegiatan sebelumnya, karena pada sesi ini diselenggarakan melalui daring. Kegiatan yang dipandu oleh Imroatul Mufidah, S.IIP ini dibuka oleh sambutan Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. selaku kepala perpustakaan UINSA.

Pada sambutannya, Prof. Evi menuturkan bahwa dengan diadakannya kegiatan Bisa Sekawan ini, sivitas akademika khususnya mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan Digital Library dan Repository secara optimal. Hal ini tentunya sesuai dengan visi dan misi Rektor Uinsa yaitu menjadi Writing Univerisity. “Saya harap perpustakaan tidak hanya menjadi pusat tempat nyaman untuk membaca tetapi juga sebagai pusat menghasilkan karya ilmiah.” Ujar Prof. Evi.

Selanjutnya yaitu pemaparan materi oleh Aries Hamidah, S.Ag., S.IPI., M.Hum. Pada sesi ini Ibu Aries membahas tentang bagaimana cara menelusur dan memanfaatkan karya ilmiah yang ada di Digital Library dan Repository. Tidak berhenti sampai disitu, beliau juga memaparkan sumber referensi lain seperti jurnal yang dilanggan oleh perpustakaan, sehingga dapat diakses oleh sivitas akademika.

Setelah pemaparan selesai, kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi diskusi yang cukup interaktif. Dimana terdapat salah satu peserta yang menanyakan terkait apakah dengan adanya perpustakaan digital dapat menggantikan perpustakaan konvensional. Narasumber dan pustakawan lainnya pun turut andil dalam memberikan jawaban kepada peserta.

“Tentu terdapat perbedaan dengan adanya teknologi informasi dan perpustakaan akan selalu berupaya untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi, namun tetap akan ada sisi yang tidak dapat menggantikan keberadaan perpustakaan secara fisik.” Ujar Ummi rodliyah, S.Ag., S.IPI., M.Hum. (Dep)