Berita

@Komunikasi dan Penyiaran Islam

Wednesday, 18 May 2022

Dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam Terima Beasiswa “Talenta Inovasi” Saat Menempuh Studi S3

Salah seorang dosen muda Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (Prodi KPI) FDK UINSA, Fikry Zahria Emeraldien, menerima bantuan “Talenta Inovasi” pada penghujung tahun 2021. Talenta Inovasi sendiri adalah beasiswa untuk mahasiswa sarjana, magister, dan doktor yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Riset).

Alhamdulillah… Terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam meraih prestasi ini. Terutama kepada Kemendikbud Ristek yang telah memberikan beasiswa, promotor di FISIP Unair yang telah memberikan rekomendasi, dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSA yang telah memberi kesempatan saya dalam berkarya,” ujar Fikry penuh syukur.

Tujuan dari program ini adalah untuk menunjang percepatan penyelesaian studi mahasiswa sekaligus mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berbasis pada luaran (output). Talenta Inovasi ini diberikan untuk mengapresiasi kepada mahasiswa yang mendukung pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) di tengah kondisi Pandemi Covid-19.

Fikry, panggilan akrab dosen Prodi KPI di atas, menerima bantuan Talenta Inovasi melalui proses seleksi yang telah berlangsung sejak pertengahan 2021 lalu. Dia adalah seorang mahasiswa program S3 Ilmu Sosial Universitas Airlangga Surabaya dan sekaligus pengajar mata kuliah jurnalistik di FDK (Fakultas Dakwah dan Komunikasi) UINSA.

Dalam proposal yang dibuatnya, Fikry mengemukakan gagasan “jurnalisme profetik” sebagai nilai yang dapat diterapkan jurnalis untuk menjaga profesionalismenya. Gagasan tersebut dia tuangkan dalam sebuah presentasi di seminar internasional bertajuk “International Conference on Da’wa & Communication 2021”. Adapun artikelnya dipublikasikan dalam Prosiding ICONDAC dengan tautan berikut: http://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/ICONDAC/article/view/482/526(*)