Berita

Laboratory of Integrative Political and Social Studies Research (LIPSSEARCH) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA Surabaya) mengadakan rapat perdana persiapan riset kolaborasi dosen dan mahasiswa, Selasa, (12/04/2023).

Kegiatan rapat ini merupakan agenda FISIP dalam usaha mendorong keberlanjutan budaya riset kolaboratif dan pengembangan mutu akademis bagi dosen dan mahasiswa di tiga program studi yaitu : Hubungan Internasional, Ilmu Politik dan Sosiologi.

Berdasarkan informasi yang telah dihimpun tim media, sejumlah dosen dari tiga program studi telah menggandeng mahasiswa untuk melakukan riset kolaboratif yang rencanya akan dimulai pasca Idul Fitri 2023. Sejumlah dosen terdiri dari dosen senior hingga dosen muda, diantaranya ; Dr. Moh. Ilyas Rolis, Dr. Amal Taufiq, M.Si, Husnul Muttaqin, M.Si, Ajeng Widya Prakasita, M.A, Muhammad Qobidl Ainul Arif, M.A, Masitah Efendi, M.Sosio, dan Nur Luthfi Hidayatullah, M.Hub.Int serta beberapa dosen muda lainnya.

Menurut keterangan Kepala LIPSSEARCH, Muhammad Qobidl Ainul Arif, M.A, bahwa berdasarkan hasil koordinasi dengan Dekan FISIP, pihaknya menyepakati bahwa seluruh dosen peneliti dan mahasiswa akan dipertemukan pada acara peningkatan kompetensi riset mahasiswa yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 14 April 2023, Pukul 14.00  Waktu Indonesia Barat (WIB) di Hotel GreenSA Inn Sidoarjo.

Acara tersebut nantinya akan diisi penyampaian desain perencanaan penelitian kepada seluruh mahasiswa yang akan dilibatkan di dalam proses penelitian kolaborasi, dan, sekaligus akan dilakukan rapat koordinasi dengan mahasiswa peneliti yang namanya telah diusulkan oleh masing-masing dosen peneliti program studi.

Sementara itu, dalam rapat perdana riset kolaborasi dosen dan mahasiswa, forum menyepakati agar semua dosen peneliti menyiapkan desain perencanaan penelitian yang akan disampaikan pada tanggal 14 April 2023. Selain itu juga para dosen dan mahasiswa peneliti diberi waktu sampai 29 September 2023 untuk menyelesaikan laporan penelitian.

Menurut Sekretaris Program Studi Ilmu Politik, Ajeng Widya Prakasita, M.A, mengatakan, bahwa laporan penelitian yang dihasilkan dari riset kolaborasi dosen dan mahasiswa tersebut nantinya berupa laporan penelitian dalam bentuk laporan jurnal. Harapannya hasil riset tersebut bisa dipublikasi di jurnal-jurnal bereputasi atau dapat dipublikasi di jurnal FISIP yang meliputi : Indonesian Jurnal of Political Studies, Jurnal Siyar, Jurnal Politique, Jurnal The Sociology of Islam, dan Jurnal Publique.

Sementara itu, berkaitan dengan tema-tema penelitian, Ajeng Widya Prakasita, M.A, menyebutkan akan mengacu pada rencana riset Program Studi yang telah dituangkan ke dalam Milestone Penelitian yang telah dibuat oleh masing-masing program studi.

“tema riset nantinya akan searah dengan milestone peneltian yang dibuat prodi masing-masing”, jelasnya.

Adapun bentuk kolaborasi yang dilakukan ialah berupa pelibatan satu (1) orang dosen akan dibantu lima (5) mahasiswa program studi untuk satu jenis penelitian. Mereka nantinya akan secara bersama-sama melakukan penelitian dan melaporkan hasil penelitian ke dalam bentuk jurnal.

(umam)