Berita

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Friday, 22 July 2022

DISKUSI KELAS INTERNASIONAL DENGAN PERSONIL BARU TIM MANAJEMEN FISIP UINSA

Surabaya, 21/7/22. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. Abdul Chalik, M.Ag. mengundang Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi (Sosiologi, Ilmu Politik dan Hubungan Internasional), Sekretaris Program Studi (Sosiologi, Ilmu Politik dan Hubungan Internasional) dan Ketua Laboratorium yang baru saja dilantik Rektor pada hari ini untuk menghadiri acara ramah tamah dan diskusi kelas internasional. Pada acara ramah tamah ini ada serah jabatan dari pengurus lama ke pengurus baru, serta berbincang ringan tentang program dan kegiatan yang akan di lakukan selama satu periode kedepan.

FISIP UINSA berencana membuka kelas internasional, oleh karena itu perlu mempersiapkan segala sesuatu yang di butuhkan. Hal – hal yang dibutuhkan yaitu kurikulum internasional, sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang memadai. Untuk sumber daya manusia, Dosen yang akan mengampu mata kuliah pada kelas internasional diwajibkan memiliki kemampuan berbahasa Inggris aktif. Begitu juga tenaga kependidikan, tenaga kebersihan dan tenaga keamanan diharapkan setidaknya mempunyai kemampuan berbahasa Inggris pasif.

Fasilitas sarana dan prasarana yang harus disediakan untuk kelas ini pun juga harus optimal dan mampu menopang segala proses pembelajaran dan perkuliahan. Adanya jaringan internet yang online dan lancar, jadi tidak hanya menyala tapi juga harus lancar tidak terputus-putus. Kuantitas dan kualitas media dalam pembelajaran juga harus disediakan secara optimal. Adanya laboratorium yang representatif juga sangat dibutuhkan dalam kelas ini, karena tidak hanya pada tataran konsep, tetapi skills praktik juga harus dimiliki oleh mahasiswa. Dalam proses pemilihan mahasiswa yang masuk kelas ini juga sangat selektif, bukan karena Nepotisme, Kolusi dan lain-lain akan tetapi benar-benar mahasiswa yang lolos dari penjaringan tes seleksi masuk yang valid dan reliabel. Karena hal tersebut akan menentukan hasil output mahasiswa kelas internasional ini. (masitah)