Berita

UIN Sunan Ampel Surabaya

Wednesday, 27 July 2022

DIGELAR HYBRID, 3RD ICONELT SUKSES HADIRKAN 232 PESERTA DARI 5 NEGARA

UINSA Newsroom, Rabu (27/07/2022); 3rd ICONELT (International Conference on English Language Teaching) resmi terselenggara pada hari Rabu, 27 Juli 2022 bertempat di Amphitheater UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Konferensi Internasional Pendidikan Bahasa Inggris ini telah berlangsung dua kali pada tahun 2017 dan 2019. Sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi covid 19. Kali ini, 3rd ICONELT hadir dengan mengusung tema, “Teaching and Researching in the Post Pandemic Era: Challenges and New Ways in Education” dan diikuti 232 peserta dari berbagai universitas di 5 negara.

Prof. Akh. Muzakki, M. Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., PhD., Rektor UINSA Surabaya dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan merasa terhormat dengan kehadiran para peserta 3rd ICONELT. “Pandemi merubah segalanya. Cara pengajaran, cara penelitian semua berubah,” tutur Prof. Akh. Muzakki.

Banyaknya kegiatan penelitian di era pasca pandemi, menurut Rektor, sangat penting untuk dibahas dengan pendekatan positif. Yakni tentang bagaimana mengubah pendidikan yang dapat menciptakan pengalaman, pengetahuan, dan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan dan tren saat ini.

“Saya berpesan, agar konferensi ini tidak hanya menjadi talkshop saja, diskusi dan kolaborasi lebih lanjut harus tetap dilaksanakan,” ujar Prof. Muzakki. Rektor pun menegaskan, diskusi dan kolaborasi lebih lanjut dengan berbagai perwakilan universitas diperlukan untuk mendapatkan praktik integritas penelitian yang terbaik. Di akhir sambutan, Rektor berharap konferensi kali ini berjalan lancar dan dapat memberikan manfaat.

Konferensi kali ini diputuskan secara hybrid untuk mengatasi situasi COVID-19. “Dengan acara hybrid, konferensi ini dapat diakses oleh banyak orang, dan memberikan lebih banyak kesempatan bagi kita untuk mempelajari beragam topik,” tambah Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd., Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSA Surabaya. Mewakili panitia, Dekan FTK akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para peserta, agar mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat di Surabaya.

“Terima kasih semua atas kehadiran dan partisipasinya. Merupakan suatu kehormatan bagi kami semua untuk menjamu para peserta. Saya sangat berharap semua akan menikmati dua hari ini,” akhiri Prof. Thohir.

Sebagai informasi, ICONELT kali ini menghadirkan Associate Professor Ai Chun Yen dari National Dong Hwa University Hualien Taiwan; Associate Professor Peter Sayer dari The Ohio State University; Ramiza Darmi, Ph.D., dari Universiti Putra Malaysia; Dr. Anuncius Gumawang Jati, M.A., dari Institut Teknologi Bandung; Dr. Nur Arifah Drajati, M.Pd., dari Universitas Sebelas Maret; Dr. Irma Soraya, M.Pd.; dan Dr. Phil. Khoirun Ni’am dari UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai invited speakers. (Alf/Humas).