Berita

Pagi ini, Selasa 30 Januari 2024, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya (FISIP UINSA) meresmikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk tahun ajaran 2023/2024. Acara seremonial yang bertajuk “Kick Off MBKM” ini dilaksanakan pada pukul 8 pagi di depan gedung FISIP UINSA, dan menandai dimulainya perjalanan magang MBKM bagi mahasiswa semester 6 yang terdaftar di program studi Ilmu Politik, Ilmu Hubungan Internasional, dan Sosiologi FISIP UINSA.

Dipimpin oleh dekan FISIP UINSA, Prof. Dr. H. Abd. Chalik, M.Ag., acara peresmian magang MBKM ini dihadiri oleh para pimpinan fakultas dan dosen-dosen pembimbing magang. Meskipun tidak semua mahasiswa semester 6 hadir karena banyak dari mereka yang telah memulai perjalanan magang MBKM di berbagai daerah, upacara ini dimaksudkan sebagai sebuah inisiasi simbolis bagi mahasiswa semester 6 yang masih berada di sekitaran Surabaya. Di samping itu, acara Kick Off ini juga bertujuan untuk menandai dimulainya MBKM secara resmi dan memberikan pengarahan penting kepada mahasiswa yang belum memulai perjalanan magang MBKM mereka.

Dalam pidatonya, Prof. Chalik menekankan pentingnya program MBKM. Beliau menyoroti sifat uniknya sebagai magang komprehensif selama satu semester yang setara dengan 20 SKS dan menyadari tantangan yang ada. Oleh karena itu, Prof. Chalik menegaskan kepada mahasiswa bahwa tanggung jawab yang menyertai program magang MBKM ini cukup besar. Beliau mendorong para mahasiswa untuk secara serius memperhatikan tiga proses penting dalam menjalaninya—sosialisasi, adaptasi, dan integrasi. Proses-proses ini, jelasnya, sangat penting bagi para mahasiswa untuk memaksimalkan pengalaman belajar langsung mereka di lapangan kerja, sehingga dapat mempersiapkan mereka dengan lebih baik untuk karirnya di masa depan.

Sebagai simbol dimulainya program magang MBKM secara resmi, Prof. Chalik melepaskan seuntai balon ke udara sebagai gestur yang menandakan perjalanan para mahasiswa menuju dunia kerja. Program MBKM dirancang untuk memberikan pengalaman magang yang imersif dan berdampak luas bagi para mahasiswa, mendorong pertumbuhan dan kesiapan mereka untuk menghadapi tantangan dunia profesional. (WD)