Berita

Di sela-sela kesibukan setelah seremonial peresmian program magang MBKM pada Selasa, 30 Januari 2024, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya (FISIP UINSA) mengadakan rapat rutin dosen. Pertemuan tersebut dimulai pada pukul 9.30 WIB untuk memberikan kesempatan bagi para pimpinan fakultas dan dosen berkumpul, menyusun strategi, dan mempersiapkan diri untuk semester yang akan datang. Bertempat di lantai 5 gedung FISIP UINSA, pertemuan ini dihadiri oleh para dosen dan pimpinan fakultas, termasuk Dekan Prof. Abd. Chalik dan para wakil dekan Dr. Iva Yuliati, Dr. Aniek Nurhayati, dan Dr. Moh. Syaeful Bahar.

Dekan Prof. Chalik mengawali pertemuan dengan presentasi yang menyentuh berbagai aspek akademik. Beliau menyampaikan pesan bahwa menjadi “menarik” dalam mengajar akan lebih berdampak daripada hanya menekankan pada yang “penting”. Terkait hal tersebut, Prof. Chalik mendorong para dosen untuk memastikan bahwa proses pembelajaran tidak hanya penting, tetapi juga menarik bagi para mahasiswa. Di samping itu, beliau juga menekankan perbedaan antara guru dan dosen yang memiliki tanggung jawab tambahan untuk memproduksi pengetahuan melalui karya tulis dan turut berkontribusi terhadap pemecahan masalah dan tantangan yang dihadapi bangsa.

Sebelum mengakhiri presentasinya, Prof. Chalik melakukan sebuah demonstrasi menarik yang melibatkan skenario pengiriman pesan WhatsApp untuk menggambarkan pentingnya memastikan bahwa informasi tidak hanya dikirim tetapi juga tersampaikan secara efektif. Proses belajar mengajar, tegas beliau, menuntut para dosen untuk bertanggung jawab dalam memastikan bahwa informasi tersampaikan, bukan hanya sekedar menyampaikan. Kemudian di akhir presentasinya, Prof. Chalik mengingatkan semua yang hadir di ruangan tentang status akreditasi kampus yang unggul dan tanggung jawab bersama untuk mempertahankan dan melestarikan status ini dengan performa yang baik.

Wakil Dekan I Dr. Iva Yuliati kemudian melanjutkan dengan presentasi komprehensif terkait berbagai urusan akademik. Dalam presentasinya, disampaikan kalender akademik untuk semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang dijadwalkan mulai dari 5 Februari hingga 24 Mei 2024. Di samping itu, beliau juga membahas rincian tentang program magang MBKM yang dimulai pada semester ini.

Selanjutnya, kesempatan diberikan kepada Wakil Dekan II Dr. Aniek Nurhayati untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan keuangan fakultas. Beliau mendorong para dosen yang berstatus ASN untuk menyisihkan sebagian dari gaji bulanan mereka dan membantu mahasiswa yang kurang mampu secara finansial melalui Unit Pengumpul Zakat Infaq dan Sodaqoh (UPZIS). Anjuran ini sejalan dengan pendekatan pro-poor rektor.

Wakil Dekan III Dr. Moh. Syaeful Bahar lalu melanjutkan dengan menyatakan keprihatinannya tentang prestasi mahasiswa yang tidak difasilitasi oleh fakultas. Beliau mendesak peningkatan keterlibatan fakultas, terutama dari dosen-dosen muda, untuk berkontribusi pada prestasi akademik dan non-akademik mahasiswa ke depannya.

Setelah itu, perwakilan Gugus Kendali Mutu (GKM), Pak Fathoni Hakim, M.Si., memaparkan presentasi tentang ketidaktercapaian semester lalu. Beliau menyoroti rendahnya kepatuhan banyak dosen terhadap prosedur belajar-mengajar yang penting, termasuk kegagalan dalam mengunggah dan memvalidasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS), soal-soal ujian tengah semester (UTS), dan ujian akhir semester (UAS).

Sesi kemudian disambung dengan pemaparan Kepala Laboratorium, Pak Qobidl ‘Ainul Arif, M.A., yang mensosialisasikan kembali pada para dosen tentang Laboratory of Integrative Political and Social Studies Research  (LIPSSEARCH). Dalam sosialisasi singkatnya, beliau menekankan peran laboratorium yang dimiliki oleh FISIP UINSA tersebut dalam memfasilitasi mata kuliah yang bersifat atau mengandung kegiatan praktikum. LIPSSEARCH hendaknya dioptimalkan fungsinya untuk menunjang mata kuliah tersebut

Pertemuan yang diadakan rutin untuk mengawali semester ini kemudian diakhiri dengan sesi sharing dan diskusi antar dosen dan para pimpinan fakultas. Melalui kesempatan tersebut, kerja sama dan kekompakan FISIP UINSA dirajut untuk menghadapi semester genap 2023/2024 yang lebih baik dan penuh harapan. (WD)