Berita

Gunung Anyar, Surabaya — (30/01/2023) Turut diikuti 157 mahasiswa semester 6 dari Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA), Magang Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) akan berlangsung selama satu semester atau 16 minggu (4 Bulan).

Terdapat sejumlah 51 Mitra, terdiri dari; perusahaan, sekolah/madrasah, rumah sakit, unit kerja, dan kantor pemerintahan. Wilayah mitra mayoritas berlokasi di Jawa Timur, meliputi; Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Batu, Bojonegoro, Madura, dan Jombang. Sementara di wilayah lain meliputi Pekalongan dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dengan adanya kerja sama ini, FPK UINSA pun mengadakan sosialisasi dengan perwakilan mitra pada Senin, 29 Januari 2024. Sosialisasi dilakukan secara daring, dengan melibatkan
Dr. Suryani, S.Ag., S.Psi., M.Si selaku Wakil Dekan (WADEK) I dan Syafruddin Faisal Thohar, M.Psi., Psikolog selaku Sekretaris Prodi Psikologi.

Di dalamnya, mempresentasikan hal-hal yang perlu diperhatikan oleh mitra, antara lain:
1. Bersama FPK UINSA, mitra membuat Memorandum of Understanding/Perjanjian Kerja Sama (MoU/PKS).
2. Melaksanakan program pembelajaran di luar kampus sesuai dengan ketentuan yang tertulis di dalam dokumen kerja sama (MoU/PKS).
3. Memberikan aktivitas pembelajaran di luar kampus kepada mahasiswa sesuai dengan disiplin ilmu psikologi.
4. Memberikan penilaian terhadap kinerja mahasiswa magang sesuai dengan capaian pembelajaran yang tertuang di format penilaian yang disediakan oleh FPK UINSA.
5. Mitra kegiatan MBKM menyedikan pembimbing selama proses magang berlangsung sebagai pamong/mentor.
6. Menerbitkan sertifikat atau surat keterangan magang bagi mahasiswa MBKM.

Pamong/mentor sendiri diberi tugas oleh pimpinan mitra tempat magang MBKM untuk membimbing selama kegiatan magang MBKM berlangsung, memberikan nilai dan evaluasi untuk mahasiswa, serta memiliki komitmen untuk mendukung pengembangan karir mahasiswa.

Dengan ini, diharapkan kegiatan MBKM dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan dan persetujuan dari masing-masing mitra, serta saling memberikan manfaat antara kedua belah pihak.

Writer: Ayda Zaqiyatunnisa
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi