Berita

Ahmad Yani, Surabaya – (22/10/2022), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menggelar upacara untuk memeringati Hari Santri. Dimulai pukul 07.35 pagi dengan cuaca cerah, upacara berjalan dengan teratur.

Peserta upacara pada hari ini adalah seluruh mahasiswa-mahasiswi semester 1. Mengenakan pakaian bernuansa putih, audiens dengan khidmat memulai upacara dengan mengheningkan cipta. 

Dilanjut dengan pembacaan Pancasila dipimpin sang pembina upacara. Tak lupa dibacakan juga ikrar santri yang serentak diikuti oleh peserta upacara.

Dengan tegas, pembina kemudian menyampaikan amanat dari Kementerian Agama nan bertemakan kontribusi santri di Indonesia. “Santri dalam perjalanannya selalu terlibat secara aktif mendarmabaktikan dirinya untuk Indonesia,” pungkas beliau. “Santri dalam segala kemampuannya bisa menjadi apa saja, mengasosiasikan santri dalam bidang agama saja tidaklah tepat. Santri bisa menjadi pemimpin” lanjutnya.

Upacara dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Hari Santri dan Padamu Negeri oleh paduan suara. Selanjutnya, lantunan Sholawat Al Barzanji oleh UKM Banjari UIN Sunan Ampel Surabaya. Upacara resmi ditutup dengan doa bersama. Dengan demikian, Upacara Hari Santri yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tahun ini pun berakhir dengan lancar.

Fakultas Psikologi dan Kesehatan sendiri merampungkan acara dengan sesi tumpengan bersama yang dipimpin oleh Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si. demi merekatkan tali kekeluargaan serta sebagai perayaan Hari Santri. (AYD)