Berita

Mengikuti kompetisi lintas bidang, Tim Mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi UINSA (ARADA 11) meraih Juara 1 pada Formosa Scientific Paper Competition (FSPC). Tim ARADA pada event yang prosesnya dimulai dari Bulan April hingga Juni 2023 ini diwakili oleh Tri Sunan Agung TL ’19 dan Belinda Safa Salsabila Zuhri TL ’21.

FSPC merupakan kompetisi Karya Tulis Ilmiah Nasional yang terbuka untuk umum dan diadakan oleh Formosa Publisher, salah satu organisasi yang yang bergerak di bidang penerbitan prosiding dan jurnal terindeks nasional dan internasional. Kegiatan ini adalah event perdana Formosa bersamaan dengan kegiatan seminar nasional dengan tema “Economic Sustainability in Post Pandemic Situation”. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah yang diharapkan dapat menjadi penyalur ide dan inovasi bagi para peneliti dan akademika di Indonesia guna kemajuan bangsa terutama di era pasca pandemi.

FSPC memiliki beberapa subtema yang dapat diambil dalam kompetisi ini, diantaranya Digital Marketing, Ekonomi, Manajemen, Keuangan, dan Bisnis. Meskipun seluruh sub tema yang ada berapa di ranah yang berseberangan dengan Teknik Lingkungan, Tim ARADA 11 memberanikan diri mengusung tema Analisis Kelayakan Finansial Usaha Potensial Pasca Pandemi Menggunakan Metode Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Payback Period (PP)”.

Setelah melalui proses seleksi full paper, Tim ARADA 11 berhasil masuk ke tahap final. Pada tahap final ini, setiap tim diwajibkan membuat video presentasi yang kemudian diseleksi kembali oleh Tim Juri. Proses ini menjadi tantangan tersendiri bagi Tim ARADA 11 karena bersaing ketat dengan 9 tim lainnya yang lolos tahap final dengan latar belakang riset di bidang manajemen, ekonomi, dan bisnis. Meskipun begitu, akhirnya ARADA 11 berhasil menjadi Juara 1 Formosa Scientific Paper Competition 2023.

Pencapaian tersebut merupakan pencapaian berharga bagi anggota Tim ARADA 11, karena selain mendapatkan Sertifikat juara dan Uang Pembinaan, Tim juga mendapatkan privilege Free Publikasi Jurnal Internasional terindeks EBSCO dan COPERNICUS. Melalui kompetisi ini, ARADA 11 telah membuktikan bahwa bidang studi bukanlah batasan dalam berinovasi dan berkembang dengan tetap membawa ciri khas keilmuan dari Teknik Lingkungan (Produk Bioplastik Ramah Lingkungan). Bagaimanapun juga, kemajuan negara ini dibangun dari berbagai macam sektor. Mahasiswa, selaku bagian dari pembangun bangsa sudah seharusnya mampu memberikan kontribusi terhadap negeri termasuk dengan inovasi dan kolaborasi lintas sektor.