Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan acara pelatihan inovatif yang bertema “Pembuatan Media Pembelajaran PAI Berbasis Teknologi Informasi” hari ini. Acara ini dihadiri oleh peserta dari mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) terutama semester 4 (empat) yang ingin meningkatkan keterampilan mereka dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pembelajaran PAI.

Acara pelatihan ini dibuka oleh keynote speaker, Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiati, M.Ag. (Wakil Dekan I FTK UIN Sunan Ampel Surabaya), yang menyampaikan tentang adanya kesenjangan generasi (generation gap) dan pentingnya penguasaan media digital oleh guru atau calon guru PAI. Dalam presentasinya, Husniyatus Salamah Zainiati menyoroti betapa pentingnya adaptasi dengan perkembangan teknologi saat ini dalam membantu proses pembelajaran PAI yang menarik.

Hal itu diperkuat oleh Dr. Muhammad Fahmi, M.Pd (Kaprodi PAI) yang -dalam sambutannya- juga menyatakan bahwa penguasaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi sangat penting -di samping penguasaan materi ajar. Menguasai materi saja, tanpa didukung oleh kemampuan membuat media untuk menyampaikan materi tersebut, tentu kurang ideal. Penguasaan materi penting, kemampuan membuat media juga penting.

Pemateri pertama disampaikan oleh Ibu Raden Roro Martiningsih, M.Pd., yang juga merupakan Duta Kemendikbudrisetk Provinsi Jawa Timur dalam bidang teknologi pembelajaran. Dalam sesinya, beliau membagikan strategi yang inovatif tentang cara membuat komik di PowerPoint. Peserta sangat terkesan dengan pendekatan yang kreatif ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI.

Selanjutnya pemateri kedua, Ibu Mufatiroh, M.Pd.I., yang juga merupakan Ketua MGMP PAI Kota Surabaya, menyampaikan materi yang sangat menarik tentang cara membuat video animasi 3D untuk pembelajaran PAI. Peserta antusias menyimak presentasi Mufatiroh dan melihat betapa video animasi 3D dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan daya tarik pembelajaran PAI.

Diharapkan, melalui pelatihan ini, peserta dapat memperoleh kemampuan yang berharga dalam menggunakan media Power Point untuk menjadi media pembelajaran PAI yang lebih kreatif serta mampu menciptakan video animasi 3 dimensi yang menarik. Dengan demikian, proses pembelajaran PAI diharapkan dapat lebih menarik dan interaktif bagi para peserta didik.

Acara pelatihan ini memberikan kesempatan bagi para calon pendidik PAI untuk terus berkembang dalam mengadopsi teknologi informasi sebagai alat atau media pembelajaran yang efektif. Dengan bantuan para ahli dan pengalaman praktis dari pemateri, acara ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan PAI di Indonesia.