Berita

Berita Acara Departemen SOSMA HMTL UINSA

“Jum’at Berkah”

Sedekah merupakan kata yang sangat familiar di kalangan umat Islam. Sedekah diambil dari kata bahasa Arab yaitu “shadaqah”, berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti “kebenaran”. Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Al-Qur’an yang menyebutkan tentang sedekah, salah satunya dalam surat Al-Baqarah ayat 271, “Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah: 271).

Agenda Jumat Berkah adalah kegiatan pemberian makanan kepada tuna wisma dan anak-anak yatim yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UINSA pada hari Jumat. Karena merupakan agenda, kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 5 kali pada satu periode kepengurusan.

Pelaksanaan Jumat Berkah ini merupakan wadah bagi mahasiswa Teknik Lingkungan UINSA untuk membagikan sedikit dari rizkinya keb]pada orang yang membutuhkan. Sebelum pelaksanaan Jumat Berkah, panitia melakukan open donasi satu bulan sebelum pelaksanaan dan dilakukan setiap hari jumat melalui media online maupun offline.

Kegiatan Jumat Berkah I dilaksanakan pada tanggal 22 April. Dari donasi/infak sebesar   Rp391.500,00 pada Jumat Berkah I ini, panitia dapat membagikan  sebanyak 25 paket nasi bungkus dan air mineral yang dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan yang berada di sekitar jalan Masjid Agung.

Agenda Jumat Berkah II dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2022. Satu bulan sebelum pelaksanaan dilakukan penggalangan infak/donasi secara offline.Penggalangan infak/donasi ini dilakukan dengan mendatangi kelas-kelas mahasiswa Teknik Lingkungan yang melaksanakan perkuliahan offline di kampus 1. Dari donasi Jumat Berkah II yang terkumpul sebanyak Rp. 380.000, panitia dapat membagikan sebanyak 35 paket nasi bungkus dan air  mineral yang dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitar Terminal Joyoboyo.

Agenda Jumat Berkah III dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2022. Penggalangan infak/donasi ini dilakukan secara online melalui media social dikarenakan pada saat itu telah memasuki masa liburan semester. Tempat pembagian makanaan yang terbagi menjadi 2 rute.  Rute pertama ialah ke arah Merr, lalu ke arah UPN dan rute ke-2 ke arah Sidoarjo. Dari donasi Jumat Berkah III yang terkumpul sebanyak Rp. 394.000, panitia dapat membagikan sebanyak 40 paket roti dan air  mineral.

Agenda Jumat Berkah IV dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2022. Satu bulan sebelum pelaksanaan dilakukan penggalangan infak/donasi secara offline di kampus 2 Gunung Anyar. Tempat pembagian makanaan yang berada di sekitar Rungkut, Gunung Anyar. Dari donasi Jumat Berkah II yang terkumpul sebanyak Rp. 519.000,00 panitia dapat membagikan sebanyak 35 paket jajanan pasar.

Agenda Jumat Berkah V dilaksanakan pada tanggal 09 Desember 2022. Untuk pelaksanaan Jumat Berkah V  ini, tidak dilakukan penggalangan donasi. Uang yang digunakan berasal dari penyisihan uang selama jumat berkah 1 hingga 5. Tempat pembagian makanaan yang berada di sekitar Rungkut. Dari donasi Jumat Berkah V yang terkumpul sebanyak Rp. 522.000, panitia dapat membagikan sebanyak 30 paket sembako.

Dari diadakan dan dilaksanakan nya agenda Jumat Berkah ini diharapkan semakin memupuk rasa belas kasih dan sifat dermawan kepada sesama manusia. Semoga agenda Jumat Berkah  ini dapat memberikan manfaat bagi pemberi maupun penerima donasi tersebut dan selalu mengalirkan manfaat bagi sesama.