Berita

Surabaya, 27 Januari 2023 Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya mengadakan briefing pengawas Uji Pengetahuan (UP)  oleh penyelia yang bertempat di lantai 9 Gedung Twin Tower  UINSA. 

Acara briefing dibuka langsung oleh Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M. Ag (Wakil Rektor Akademik dan Kelembagaan) dan dihadiri oleh Prof. Dr.H. Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd. (Dekan FTK/Ketua LPTK), Prof. Dr. Jauharoti Alfin, S.Pd, M.Si (Wakil Dekan II/Ketua Pengelola PPG Madrasah) beserta seluruh pengawas UP dari berbagai fakultas di lingkup UIN Sunan Ampel Surabaya

Di hadapan seluruh pengawas Prof. Dr. H. Fatah Syukur, M.Ag (Penyelia asal UIN Walisongo Semarang) menyampaikan bahwa sebelum melakukan tugas pengawasan dipastikan terlebih dahulu seluruh perangkat yang akan digunakan baik oleh peserta maupun pengawas dalam kondisi baik dan siap untuk dioperasikan, lebih lanjut Dr. Masganti Sitorus, M.Ag. (Penyelia asal  Universitas Islam Negeri Sumatera Utara) mengatakan bahwa tugas pengawasan bukan sekedar memastikan bapak dan ibu guru peserta PPG dalam jabatan bisa menjawab soal yang bisa dipantau lewat dashboard tapi harus dibarengi dengan pendampingan psikologis kepada peserta terutama bagi peserta yang rentang dengan kendala pengoperasian perangkat ujian maka pengawas harus bersabar dalam melakukan pendampingan dan tidak membuat peserta panik ataupun patah semangat.

Seorang pengawas harus memiliki skill seperti pengoperasian zoom pengawas, dashboard, kelihaian dalam melakukan verifikasi peserta dan ruang yakni memastikan kesesuaian antara data peserta yang terdaftar dengan peserta tes melalui verifikasi berkas dan sterilisasi ruangan peserta ujian melalui verifikasi ruang melalui kamera zoom pengawas untuk meminimlaisir terjadinya indikasi kecurangan ungkap Dr. Zawaqi Afdal Jamil, M. Pd.I (Penyelia asal UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)/aini.