Berita

Surabaya, 05 Desember 2023. Laboratorium FST UINSA menerima kunjungan dari UPT. Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan, Dinas Kelautan Perikanan Pasuruan, Prov. Jawa Timur. Kunjungan ini bertujuan dalam rangka jaminan keabsahan dan validitas hasil pengujian pada alat Real-Time PCR terhadap pengujian berbagai sampel produk berbasis DNA.

Kunjungan diawali dengan pengenalan dari perwakilan UPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan Pasuruan (UPT Labkes Ikan dan Lingkungan Pasuruan) oleh ibu Otiek Widowati, seperti penguraian profil instansi. Sambutan dan pengenalan instansi selanjutnya dilakukan oleh Dekan FST UINSA, bapak Dr. A.Saepul Hamdani, M.Pd. 

 

Sambutan oleh Dekan FST UINSA, Bapak Dr. A. Saepul Hamdani, M.Pd., dilanjutkan dengan sesi diskusi

 

Sesi selanjutnya ialah diskusi yang dilakukan antar instansi yang dibuka oleh ibu Otiek Widowati dan dijawab oleh bapak Dr. A.Saepul Hamdani, M.Pd. dan ibu Yuanita Rachmawati, M.Sc. selaku kepala laboratorium dengan garis besar topik diskusi seperti alat-alat dalam laboratorium-laboratorium, sumber daya manusia, hingga berbagai sampel yang diriset dan dibudidayakan oleh UPT Labkes Ikan dan Lingkungan Pasuruan. 

“Laboratorium kami juga telah di fasilitasi alat Real-Time PCR, Namun terkendala SDM terkait teknis laboratorium sehingga hal tersebut menjadi alasan utama kami untuk berdiskusi dalam kunjungan kali ini” ungkap ibu Otiek Wudawati selaku perwakilan dari UPT Labkes Ikan dan Lingkungan Pasuruan.

Visitasi tim UPT Labkes Ikan dan Lingkungan Pasuruan (di Genetics & Biomolecular Laboratory)

Sesi akhir ditutup dengan visitasi laboratorium di Genetics & Biomolecular Laboratory, sebagai laboratorium yang mewadahi penggunaan alat Real-Time PCR dipandu oleh ibu Yuanita Rachmawati, M.Sc. Bukan hanya Real-Time PCR,  tapi juga memperlihatkan PCR konvensional dan elektroforesis. Selain itu, visitasi alat-alat ruang dalam laboratorium genetika dilakukan, seperti QIAcube Connect di ruang isolasi serta alat-alat yang berada di ruang destruksi sampel, ruang pendingin, hingga sampel-sampel praktikum uji halal berbasis DNA.

Para Staff Laboratorium FST UINSA bersama dengan delegasi Dinas Kelautan Perikanan Pasuruan, Prov. Jawa Timur.

Inoverselab Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Ampel Surabaya selalu terbuka untuk melakukan visitas serta riset kolaborasi, terlihat dengan fasilitas laboratorium FST UINSA yang mempuni. salah satunya dalam rangka jaminan validitas hasil pengujian pada alat Real-Time PCR dalam pengujian berbagai sampel produk berbasis DNA.