Berita
Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan kordinasi ke BIPA Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya pada Jumat, 18 Oktober 2024, guna melaksanakan diskusi terkait pelaksanaan program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) untuk periode 2024-2025. Pertemuan ini bertujuan mempererat kerja sama sekaligus mengevaluasi efektivitas pembelajaran BIPA yang telah berlangsung di UINSA, serta merancang strategi pengajaran yang lebih inovatif ke depannya.
Kegiatan ini diawali dengan sesi refleksi penggunaan media dan strategi pembelajaran BIPA yang selama ini diterapkan. Dalam diskusi ini, perwakilan dari Balai Bahasa dan tim PPB UINSA membahas evaluasi metode pengajaran, tantangan yang dihadapi, serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan efektivitas penggunaan media dalam proses pembelajaran.
Selain itu, dilakukan juga asesmen diagnostik pembelajaran BIPA untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan materi dan penyesuaian kurikulum yang relevan dengan kemampuan para peserta didik asing. Langkah ini diharapkan dapat menjadi landasan untuk menyusun strategi pengajaran yang lebih inovatif dan tepat sasaran ke depannya.
Sesi berbagi pengalaman mengajar BIPA oleh Anfi Wardani,S.S salah satu pengajar BIPA UINSA, menjadi salah satu poin penting dalam kegiatan ini. Anfi membagikan pengalamannya menghadapi berbagai tantangan dalam mengajar peserta didik internasional serta teknik dan strategi yang berhasil ia terapkan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Wawasan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pengajar lainnya dalam menghadapi tantangan serupa.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh anggota Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA), Khoiru Ummatin, M.Hum, yang turut memberikan pandangannya terkait pelaksanaan program BIPA dan pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan dalam mengembangkan pengajaran Bahasa Indonesia di tingkat internasional.
Kunjungan ditutup dengan komitmen bersama untuk terus meningkatkan kolaborasi antara PPB UINSA dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, guna menyempurnakan program BIPA di masa mendatang. PPB UINSA siap menjadi pusat unggulan dalam pengajaran BIPA, memfasilitasi pelajar dari berbagai negara dengan layanan pendidikan bahasa yang berkualitas.