Berita

ARTIFICIAL INTELLIGENCE COACHING FOR ACADEMIC PURPOSE.

Pelatihan Pembelajaran Berbasis AI Bagi Dosen Pascasarjana

Rabu (14/08/2024), Pascasarjana Melaksanakan pelatihan artificial intelligent bagi para dosen Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya baik bagi dosen yang sudah menjadi guru besar, lektor kepala, dan lektor. Acara yang dilaksanakan di Greensa Juanda tersebut dimulai dari jam 08.00 sampai jam 14.30 bertempat di ruang pertemuan lantai 4. Pada acara yang diikuti oleh puluhan peserta tersebut diisi dengan berbagai teknik pemakaian AI dalam berbagai platform yang ada. Pelatihan pembelajaran berbasis AI ini guna memberikan kemampuan kepada para dosen agar dapat memanfaatkan AI bagi pembelajaram sekaligus mendeteksi tugas mahasiswa yang dikerjakan menggunakan AI.


Beberapa tim Trainer yang mengisi acara ini adalah Ali Nurdin, Ahmad Fageh, Abdur Rohman, Iksan, Muhammad Ahsan, dan Isna. Mereka dibantu oleh tim trainer yang bertugas mendampingi setiap kelompok peserta yang sudah dibagi ke meja meja yang telah ditata untuk kepentingan acara tersebut.
Berbagai kemampuan penggunaan AI seperti penggunaan chatgpt dan gemini untuk membantu membuat RPS, gamma untuk presentasi, hingga penggunaan Turnitin untuk mengecek plagiasi.
Hammis Syafaq, Wakil Direktur Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, menyatakan bahwa hal ini untuk membekali para dosen dengan berbagai tool yang terus berubah.