Berita

Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya kembali menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Selepas mahasiswa internasional dari Thailand dan Malaysia mengikuti beberapa kegiatan orientasi pengenalan dari International Office, mereka mengikuti kelas luring perdana Pembelajaran BIPA pada tanggal 7 September 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Kelas Gedung SAC Lantai 2. Sebanyak 10 mahasiswa internasional tersebut diajar oleh dua pengajar yang berkompetensi dan berpengalaman di berbagai pelatihan BIPA, yaitu Ibu Rizki Endi Septiani, M.A, dan Ibu Kamalatul Hafidzoh, M.A.. Para mahasiswa tampak sangat antusias dan bersemangat dalam kelas belajar bahasa Indonesia tersebut.

Rizki Endi Septiani, M.Hum, mengungkapkan, “Kami sangat senang melihat semangat dan antusiasme mahasiswa internasinal yang ingin memahami bahasa Indonesia. Ini akan menjadi modal penting bagi mereka untuk bisa memahami bahasa dan budaya Indonesia untuk urusan keseharian mereka maupun akademik.” Dalam pembelajaran BIPA tersebut, para mahasiswa akan diajarkan berbagai aspek bahasa Indonesia, termasuk kosa kata sehari-hari, kemahiran bahasa, tata bahasa, dan berbagai kebudayaan Indonesia selama dua semester.

Kamalatul Hafidzoh, MA, menambahkan, “Pembelajaran BIPA bukan hanya tentang bahasa, tetapi juga tentang memahami budaya dan masyarakat tempat bahasa tersebut digunakan. Melalui kegiatan ini, kami berharap para mahasiswa asing dapat merasakan kehangatan dan keramahan masyarakat Indonesia.”

Kegiatan mengajar luring perdana Pembelajaran BIPA ini merupakan bentuk nyata inovasi Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Ampel Surabaya dalam memberi pelayanan terbaik untuk mahasiswa internasional. Selain BIPA, mahasiswa tersebut juga akan mendapatkan pembelajaran Intensif Bahasa Arab dan Inggris di pagi hari selama hari Senin sampai Kamis selama dua semester. Dalam waktu dekat, kelas BIPA PPB UINSA secara luring juga akan dilaksanakan setelah kedatangan mahasiswa internasional dari Timur Tengah dan Afrika di Surabaya dalam waktu dekat.