Berita

AGENDAKAN PERTEMUAN DALAM RANGKA AKSELERASI PSU 2023, LPM UINSA PERSIAPKAN DOKUMEN KERTAS KERJA

UINSA Newsroom, Kamis (27/07/2023); Perihal akan digelarnya pertemuan dalam rangka Akselerasi Proyek Strategis Universitas (PSU) tahun 2023, Lembaga Penjaminan Mutu menggelar acara Penyusunan Materi Akselerasi PSU Rektor, pada Rabu-Kamis, 26-27 Juli 2023 di Ruang Meeting Hotel GreenSA Inn Sidoarjo.

Kegiatan ini dihadiri langsung Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan; Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK); Ketua, Sekretaris, serta Kepala Pusat pada LPM; jajaran tim perumus materi; juga tim teknis.

Usai opening ceremony, forum dilanjutkan dengan diskusi terpusat berdasarkan pada bidang masing-masing. Antara lain Perumusan Pembentukan Dewan Penasehat Dunia Usaha-Industri dan Pengguna Jasa; Evaluasi IKU-IKT-IKK Program Studi Paruh Waktu (turunan IKU-IKT-IKK Dekan/ Direktur) dan Penentuan Ciri khas Keunggulan Prodi; Mitigasi Akreditasi Unggul dan Proyeksi Akreditasi Internasional; Akselerasi World Rangking; Positioning Program Studi Berdasarkan Indikator QS World Ranking; Desain Pengembangan Talent Scouting; serta Proyeksi Pesona 2024, OASE 2025, dan Event Internasional Berbasis Prodi.

Diskusi tim perumus tersebut dipandu langsung Ketua dan Sekretaris LPM UINSA Surabaya. Tim yang terdiri dari dosen muda tersebut merupakan keterwakilan dari beberapa fakultas pada UINSA Surabaya.

Selain itu, diskusi penyiapan kegiatan juga dilakukan tim teknis yang dipandu langsung Sub Koordinator Bidang pada LPM, Husnul Anwaril Anam, S.E., M.M. Tim ini terdiri dari keterwakilan JFU pada LPM serta Unit Kerja pada UINSA Surabaya.

Dr. Ali Mustofa, M.Pd., Ketua LPM UINSA Surabaya dalam laporannya kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan menjelaskan, kegiatan akselerasi PSU merupakan salah satu amanah Rektor kepada LPM UINSA untuk mengumpulkan para Ketua-Sekretaris Jurusan, Kepala-Sekretaris Prodi membahas terkait ‘academic industry.’ Kegiatan yang kemudian disepakati akan mengusung tema, ‘Akselerasi Proyek Strategis Universitas (PSU) tahun 2023.’

“Hari ini adalah bagian, bahwa kita akan mempersiapkan rancang bangun materi yang akan kita tetapkan dan rumuskan, yang nantinya akan kita putuskan di Yogyakarta,” ujar Dr. Ali Musthofa.

Tema khusus yang nantinya juga akan menjadi center poin pembahasan, sebagaimana dijelaskan Ketua LPM, yakni akreditasi unggul dan world rangking. Sasaran utama dari tema khusus ini adalah pengelola prodi dan Gugus Kendali Mutu (GKM) pada fakultas. Kegiatan yang diperkirakan akan diikuti 231 peserta ini diharapkan Ketua LPM dapat dipersiapkan dengan baik.

Sementara itu, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan dalam pengarahannya menyampaikan harapan agar kegiatan berlangsung produktif dan menghasilkan dokumen kertas kerja untuk digunakan pada kegiatan di Yogyakarta. “Mudah-mudahan bisa berjalan lancar,” ujar Prof. Ali Mudlofir.

Wakil Rektor menjelaskan, terdapat banyak proyek strategis universitas yang saat ini menjadi PR bersama. Pembukaan prodi kedokteran, pendidikan vokasi, termasuk persiapan alih status menjadi PTKN-BH. Sehingga dibutuhkan strategi-strategi khusus agar berbagai target tersebut dapat terealisasi dengan baik. “Mudah-mudahan ini menjadi amal sholeh kita semua,” tukas Prof. Ali Mudlofir. (Nur/Humas)