Berita

International Office UIN Sunan Ampel Surabaya baru saja menggelar program pengenalan budaya dan akademik selama 3 hari (26-28 Oktober 2023) bagi 27 mahasiswa internasional. Program ini diikuti oleh mahasiswa/i dari 11 negara yaitu Afghanistan, Pakistan, Thailand, Libya, Timor Leste, Somalia, Turki, Ganbia, Nigeria, Sudan, dan Malaysia yang tengah menempuh program sarjana dan doktoral di kampus UINSA.

Wakil Rektor Bidang Akademik UINSA, Prof. Dr. H. Ali Mudhofir, M.Ag, membuka acara pembukaan dan menyambut hangat kehadiran para mahasiswa/i. Mereka kemudian diberikan penjelasan mengenai sistem akademik UINSA dan fasilitas kampus seperti layanan kesehatan serta Pusat Sistem Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PUSTIPD).



Di hari kedua, para mahasiswa/i belajar tentang proses imigrasi dan mendapatkan izin tinggal. Sedangkan pada penutupan acara di hari ketiga, mereka diajak untuk belajar membatik di salah satu rumah produksi batik yang ada di Surabaya dan berkunjung ke Masjid Nasional Al-Akbar serta Tugu Pahlawan. Para peserta juga ditantang untuk menyanyikan Hymne UINSA. Peserta dengan penampilan terbaik pun mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi.

Diharapkan dengan program ini, mahasiswa/i internasional bisa lebih mengenal dan berbaur dengan budaya setempat serta memahami sistem perkuliahan dan fasilitas yang disediakan kampus dengan lebih baik. (Nadhlif Pelu).