Berita

Kamis, 21 Desember 2023. Bertempat di Hotel Platinum Tunjungan (Luring), Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya Kukuhkan guru profesional sejumlah 655 orang, sejumlah 418 peserta hadir secara luring dan 237 peserta hadir secara daring. Guru Profesional yang dikukuhkan tersebut merupakan lulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Batch 1 Tahun 2023 yang terdiri dari guru Pendikan Agama Islam, Guru Madrasah dan Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Guru Profesional yang dikukuhkan selain peserta firstaker juga beberapa peserta merupakan peserta retaker PPG serta Eks Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (Eks PLPG).

Pengukuhan guru profesional digelar secara Hybrid sebagai bentuk layanan prima dari LPTK UINSA guna memfasilitasi peserta yang berhalangan hadir secara luring karena peserta pengukuhan kali ini tersebar pada 23 Propinsi di Indonesia. Acara pengukuhan dimulai dari registrasi peserta bagi peserta luring dan join ke Zoom Meeting bagi peserta daring setelah seluruh peserta terkondisikan acara dilanjutkan dengan proses yudisum, dan pembukaan acara dan tampilan video story.

Pengukuhan dihadiri langsung oleh direktur GTK Madrasah dan Direktur PAI Kementerian Agama Republik Indonesia. Sambutan direktur GTK Madrasah dengan Tema “Kebijakan dan Pengembangan Kompetensi Guru di Era Digital” disampaikan oleh Dr. Muhammad Zain, S.Ag., M.Ag. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa “teknologi itu penting tapi Critical thinking lebih penting” bertanya pada AI dengan tepat makan jawabannya akan lebih tepat maka critical thinking harus lebih baik dari teknologi. Lebih lanjut belia mengatakan bahwa dalam menjalani kehidupan ada  4L salah satunya adalah life yakni  hidup lebih bermakna, sehat dan bahagia. acara selanjutnya yakni pembacaan SK kelulusan PAI Oleh Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag. Dan pembacaan SK Kelulusan Madrasah oleh Prof. Dr. Achmad Muhibin Zuhri, M.Ag.dan pengukuhan guru profesional oleh Prof. Akh. Muzakki, M.Ag,. Grad.Dip.SEA., M.Fhil, Ph.D. (Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya).

Penyerahan sertifikat pendidikan oleh Rektor UINSA dan Ketua LPTK UINSA yang didampingi oleh Ainun Syarifah, M.Pd.I dan Dr. Taufik, M.Pd.I. Acara dilanjutkan dengan arahan Prof Akh. Muzakki,M.Ag, Grad.Dip.SEA,M.Phil, Ph.D (Rektor UINSA) “Menjadi Guru Profesional bukan menjadi To Send tapi To Dilevery bukan hanya menjadi pengirim pesan tapi bagaimana mengatarkan peserta didik membuka pintu kesuksesan”.

“Secara fisik saya memang berbeda dengan yang lain tapi semangat PPG saya tidak kalah dengan dengan teman-teman, walau saya gagal UP sebanyak 4 kali namun hari ini izinkan saya menghaturkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah mengatarkan saya meraih gelar Gr. (Alumni PPG Asal madura). Selamat dan sukses buat seluruh mahasiswa PPG yang dikukuhkan, ini adalah bukti nyata bahwa hasil tidak menghianati proses (Ketua LPTK UINSA) dan hari adalah awal perjuangan bukan akhir dari sebuah perjuangan, guru harus mengubah paradigma lama menjadi paradigma baru (Drs. H. Amrullah, M.Si/Direktur PAI)

Sesi terakhir yakni pembacaan PPG Award dengan kategori IPK Terbaik Kategori PPG Daljab PAI diraih oleh Suwarno, S.Pd.I., Gr.  IPK Terbaik Kategori PPG Daljab Madrasah diraih oleh Himatul Hidayah, S.Pd.I., Gr. (Akidah Akhlak), IPK Terbaik Kategori PPG Daljab Eks PLPG diraih oleh Muhammad Nasir Subhan, S.Pd., Gr (IPA). Kategori  peserta luring terjauh dierikan kepada Aminah Al Hamid, S.Pd.I., Gr. (Guru PAI asal Raja Ampat, Papua Barat) , Peserta tertua dengan usia 57 Tahun 9 Bulan diberikan kepada Lilis Ramidah, S.Pd., Gr. (PAI) serta kategori best costum  1,2 dan 3.