Berita

Kunjungan ini dilaksanakan tanggal 20 Desember 2023 dan merupakan upaya penjajakan kerjasama antarperguruan tinggi di bidang pengembangan bahasa asing utamanya di bidang pembelajaran bahasa arab. Dalam kunjungannya, Pusat Bahasa Universitas Trunojoyo Madura diberikan kesempatan untuk memahami lebih lanjut tentang pembelajaran bahasa arab. Dr. Dony Burhan Noor Hasan, LC., MA selaku koordinator program sarana dan prasarana UPT Bahasa UTM  menyampaikan ketertarikan pusat bahasa untuk belajar tentang aplikasi bahasa arab. Pusat Pengembangan Bahasa UINSA berbagi kisah tentang perjalanan panjang pengelolaan intensif bahasa Arab dan inggris sejak tahun 1999. Selain itu, Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UINSA juga menjelaskan tentang update perkembangan terbaru tentang penggunaan Aplikasi ALBI (Arabiyyah Linnatiqin Billughoh Indunisiyya) dan ELFI (English Language for Indonesian) di program intensif bahasa. Selama pertemuan, diskusi antara kedua pihak mencakup kecukupan dan kualitas aplikasi pembelajaran. Aplikasi Bahasa Arab ini sangat menarik karena sebagai perguruan tinggi umum, baru ada 3 prodi yang memelajari bahasa arab baik sebagai mata kuliah wajib maupun pilihan dan masih menggunakan bahan ajar cetak.

Pihak Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Ampel Surabaya menerima kunjungan ini dengan antusias. Dr. Mohammad Budiono, M.Pd.I di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Ampel, menyatakan bahwa kunjungan ini dapat menjadi pembuka kerjasama dan diharapkan dapat membawa manfaat positif bagi kedua belah pihak. “Kunjungan ini bukan hanya tentang pertukaran pengalaman, tetapi juga tentang menciptakan sinergi yang kuat dalam pengembangan bahasa di Perguruan Tinggi di Jawa Timur” katanya.
Kunjungan ini diakhiri dengan harapan akan terus berkembangnya kolaborasi antarperguruan tinggi di bidang pengembangan bahasa. Dengan semangat saling mendukung, Pusat Bahasa  Universitas Trunojoyo Madura dan Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Ampel Surabaya berkomitmen untuk melanjutkan inisiatif bersama demi peningkatan mutu pendidikan bahasa di tingkat nasional.