Berita

Fakultas Sains dan Teknologi

Monday, 22 August 2022

Yudisium ke-19 Fakultas Sains dan Teknologi

Selasa (16/8/22), Fakultas Sains dan Teknologi menggelar Yudisium ke-19 untuk calon wisudawan dan wisudawati angkatan 100 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya dengan jumlah 100 mahasiswa. Acara yudisium tersebut dilaksanakan secara offline di ruang GT R.9.3 dan R.9.4 gedung FST kampus gunung anyar UIN Sunan Ampel Surabaya. Tampil dengan wajah yang berseri-seri para peserta yudisium mengikuti acara ini dengan khidmat. Para peserta yudisium ke – 19 ini tampak antusias dan selama acara ini berlangsung masih menerapkan protokol kesehatan.

Yudisium yang diadakan secara tatap muka ini merupakan tanda telah berakhirnya studi yang dilakukan mahasiswa selama menimba ilmu di jenjang universitas. Dibuka dengan pembacaan ayat suci alqur’an oleh Abdan Alimansyah, mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan dan dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Bapak Mujib Ridwan, M.T. Sambutan pertama disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. yang memberikan semangat dan pesan kepada mereka untuk membekali diri dengan kreatifitas, komunikasi, dan kerja tim untuk melangkah ke depan menghadapi dunia kerja. Tidak lupa juga untuk selalu menjadi manusia yang unggul, produktif dan bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Acara selanjutnya adalah pembacaan SK Dekan tentang yudisium FST UIN Sunan Ampel Surabaya oleh Wakil Dekan II Bidang AUPK Administrasi Umum perencanaan dan Keuangan, Bapak Dr. Abid Rohman, S.Ag, MPD dan dilanjutkan dengan pembacaan nama – nama peserta yudisium oleh MC.

Adapun apresiasi yang diberikan oleh pihak fakultas kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan skripsi atau tugas akhir dan mendapat predikat lulusan terbaik di tingkat prodi dan fakultas. Pada Program Studi Biologi peringkat terbaik 1 diraih oleh Irssa Intan Fatiha, S.Si. dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,70. Program Studi Matematika peringkat terbaik 1 diraih oleh  Siti Aisyatur Rosidah, S.Mat. dengan IPK 33,66. Program Studi Arsitektur peringkat terbaik 1 diraih oleh Satrio Agung Nur Rizqillah, S.Ars. dengan IPK 3,73. Program Studi Ilmu Kelautan peringkat terbaik 1 diraih oleh Ajeng Fitri Kusuma Wardani, S.Si. dengan IPK 3,57. Program Studi Teknik Lingkungan peringkat terbaik 1 diraih oleh Choirudin, S.T. dengan IPK 3,57. Program Studi Sistem Informasi peringkat terbaik 1 diraih oleh Arista Qiyamullaily, S.Kom. dengan IPK 3,73. Sedangkan pada tingkat terbaik fakultas di raih oleh Satrio Agung Nur Rizqillah, S.Ars. Ananda adalah mahasiswa Program Studi Arsitektur yang menjadi Mahasiwa terbaik Tingkat Fakultas Sains dan Teknologi dengan IPK 3,73.

Selaku wisudawan terbaik, Satrio di tunjuk untuk memberikan pesan kepada teman seangkatannya bahwa kelulusan ini merupakan awal dari sebuah perjalanan kehidupan sebenarnya. Memiliki judul Tugas Akhir yakni “Perancangan Sanggar Anak Alam Community Center Yogyakarta dengan Pendekatan Community Based Design”. Satrio juga mengatakan bahwa pencapaian ini bukanlah sebuah hal yang direncanakan melainkan hanyalah upaya dirinya yang bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, satrio juga berpesan kepada mereka bahwa jangan pernah takut menghadapi luka dan rintangan diluar sana karena setiap karya-karya besar dunia selalu tumbuh dari luka yang paling dalam.

Tidak lupa untuk membangkitkan semangat, Dekan juga memberi motivasi kepada mereka agar tidak terpacu oleh angka dan nilai pada IPK. Karena kesuksesan seseorang tidak dipengaruhi oleh nilai dan angka tersebut melainkan dipengaruhi oleh pribadi masing-masing diri. Acara dilanjutkan dengan membaca ikrar oleh Ajeng Fitri Kusuma wardani, S.Si  dan menyanyikan lagu Bagimu Negeri dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah dan foto bersama.