Berita

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Monday, 22 August 2022

SINERGITAS DOSEN PIAUD DENGAN JURUSAN PENDIDIKAN DASAR DALAM MENYONGSONG PERKULIAHAN TAHUN AKADEMIK 2022-2023

Tahun Akademik 2022/2023 akan segera dimulai, sebagai pendidik yang berada di lingkungan pendidikan tinggi berkewajiban untuk mempersiapkan kewajiban yang diembannya guna membimbing, mendidik, dan membina mahasiswa sebagai generasi bangsa. Salah satu implementasi bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya khususnya Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) melaksanakan rapat dosen per jurusan setelah tentunya terlaksana rapat dosen seluruh fakultas.

Bertepatan pada hari Senin, tanggal 22 Agustus 2022, bertempat di Lantai 4 gedung FTK baru pada pukul 08.00 – 10.00 WIB dilaksanakan rapat terbuka seluruh dosen di lingkungan FTK. Pada kesempatan tersebut dihadiri oleh segenap dosen dan pimpinan dekatan. Rapat dipimpin oleh Dekan FTK, Prof. Dr. H. Moh. Thohir, M.Ag. didampingi oleh wakil dekan I, Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag., dan Wakil dekan II, Prof. Dr. Hj. Jauharoti Alfin, S.Pd., M.Si. Berlangsung sekitar 2 jam diawali dengan ceremonial resmi rapat ditutup dan dilanjutkan per jurusan untuk membahas hal-hal teknis terkait keprodian. Dalam hal ini, Jurusan Pendidikan Dasar yang diketuai oleh Dr. Sihabudin, M.Pd.I., M.Pd. memulai acara di lantai 2 ruang 205 sekaligus sebagai pimpinan rapat.

Rapat jurusan dihadiri oleh pimpinan di tingkat jurusan dan prodi (prodi PGMI dan PIAUD). Hadir dalam acara tersebut Ketua Jurusan (Dr. Sihabudin, M.Pd.I., M.Pd.), Sekretaris Jurusan (Sulthon Mas`ud, M.Pd.I.), Ketua Prodi dan sekretaris Prodi PGMI (Uswatun Hasanah, M.Pd.I dan Nina Indriyani, M.Pd), dan Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi  PIAUD (Ratna Pangastuti,M.Pd.I. dan Nasrul Fuad Erfansyah, M.Pd.I.), juga selurh dosen PGMI dan dosen PIAUD.

Pada rapat tersebut,terkait prodi PIAUD lebih menjelaskan pada aturan baru terkait penjadwalan di semester gasal 2022-2023 yang disesuaikan dengan sistem akreditasi. Prodi PIAUD akan segera melaksanakan akreditasi tahap 2 yang berakhir pada 19 Desember 2023 mendatang sehinggan mulai sekarang harus segera dipersiapkan. Agenda kedua penyampaian proses sirkulasi layanan akademik mahasiswa terkait pengajuan judul proposal, pndaftaran proposal dan skrispsi, bimbingan, dan ujian proposal dan skrispsi dilakukan secara online dan tersistem di laman www.sinau.uinsby.ac.id. Sedangkan agenda ketiga penyampaian program prodi PIAUD selama periode 2022-2026. Agenda terakhir ditutup dengan diskusi bersama.

Dijelaskan oleh kaprodi PIAUD bahwa saat ini mahasiswa PIAUD dihadapkan pada dua kurikulum yaitu untuk semester 1 dan 3 menggunakan kurikulum MBKM sedangkan untuk mahasiswa semeter 5 ke atas masih menggunakan kurikulum KKNI. Selanjutnya guna menghadapi akreditasi yang dilaksanakan oleh LAMDIK, serta proses pengumpulkan data, seluruh dosen prodi PIAUD diharapkan dan hampir diwajibkan untuk mendokumentasikan setiap proses  pembelajarannya dengan baik, serta secara kewajiban dosen terkait Tri Dharma untuk diinventarisir dengan baik  dan tertib. Menjembatani program universitas dan juga fakultas, proses perkuliahan masing-masing matakuliah harus menghasil output “one subject matter one article” yang di submit ke jurnal sesuai sehingga hasil  perkuliahan mahasiswa tidak sebatas makalah yang dipresentasikasi di depan kelas dan selesai begitu saja, minimal ada tulisan hasil makalah yang dimuat di media online. Hal ini akan sangat membantu dalam menyumbang poin nilai akreditasi. Program kerjasama dan pengabdian berbasis prodi juga terus diinisiasi dan digalakkan bagi para dosen.

Prodi PIAUD juga telah membentuk dosen rumpun mata kuliah untuk menyusun RPS yang telah ditentukan templatenya oleh LP2M dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan review kurikulum MBKM untuk memantapkan perkuliahan di semester mendatang.

Adapun program yang telah dibentuk oleh prodi untuk masa bakti 2022-2026 terkait layanan inovasi adalah sebagai berikut: (1) PKP (Pusat Kajian PAUD), program ini dibentuk untk mewadahi riset di tingkat Prodi bagi dosen dan mahasiswa atau kolaborasi keduanya, sebagai media diskusi tentang kepaudan baik untuk dosen maupun mahasiswa , juga kegiatan podcast, serta visiting lecturer baik tingkat nasional maupun internasional. (2) GMPM (Gerakan Mahasiswa PIAUD Menulis), program ini dbentuk sebagai media publikasi tulisan mahasiswa  dan kedepannya akan dibentuk jurnal riset untuk mahasiswa baik hasil riset mandiri, artikel selama perkuliahan atau kolaborasi dengan dosen.  (3) DEEP (Development Earlychildhood Education Programe), program-program pengembangan pendidikan anak usia dini, misalnya. Pengembangan media dan materi kepaudan ,dll. (4) MMP (Manajemen Mitra PIAUD) menjalin hubungan dengan mitra dan stakeholder PIAUD serta mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (5The Centre of Earlychildhood Education Consulting ( Pusat Konsultasi PIAUD) program ini dibentuk untuk melayani lembaga atau pihak yang membutuhkan bantuan untuk membuka lembaga PAUD, meningkatkan kualitas lembaga, dan pendampingan peningkatan mutu lembaga. (6) Edutainment PIAUD, upaya prodi untuk mendapatkan sumber pendapatan yang sesuai dengan ketentuan. Di antara contoh menu paket yaitu Paket wisata edukasi bagi PIAUD, festival internasional PIAUD, dan sebagainya.

Kegiatan terakhir ditutup dengan diskusi bagi para dosen dan statemen dari ketua Jurusan bahwa semua pihak dimohon untuk mendukung segala hal demi kemajuan dan kelancara prodi PIAUD terutama dalam hal memenuhi kebutuhan urgent prodi terkait akreditasi  tahun 2023.