Berita

Surabaya, 30 Januari 2024

Fakultas  Ushuluddin Dan Filsafat UIN Sunan Ampel menggelar yudisium ke-106 di Gedung Auditorium, hari Selasa, 30 Januari 2024. Kegiatan  ini diikuti oleh 193 (seratus Sembilan puluh tiga) Yudisi dari enam Program Studi (Prodi), mulai Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Prodi Ilmu Hadis (ILHA), Prodi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), Prodi Pemikiran Politik Islam (PPI), Prodi Tasawuf dan Psikoterapi (TP) dan Prodi Studi Agama-Agama (SAA). Juga dihadiri oleh Pimpinan Fakultas, Jurusan, Program Studi, dan Tenaga Kependidikan

Acara Yudisium ke -106 FUF UINSA dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Prof. Abdul Kadir Riyadi, Ph.D.  Tampak sekali keceriaan dan kebahagiaan pada wajah para yudisi. Hal ini menandakan momentum yang sekian lama ditunggu-tunggu, akhirnya datang juga. Kata pepatah “”Untuk hati yang sedang diuji kesabaran, itu memang pahit pada awalnya. Namun percayalah, ia akan manis di penghujungnya.”

Pada acara yudisium diberikan apresiasi dan penghargaan terhadap prestasi akademik mahasiswa, baik di level fakultas maupun pada level program studi (prodi). Yudisi terbaik tingkat fakultas adalah Jamilatus Zahroh S.Ag IPK 3,88 (terbaik kesatu), Syachrazad Niken Basuki S.Ag IPK 3,86 (terbaik kedua), kedua yudisi tersebut dari prodi Ilmu Hadits, Niki Nanda Nilasoraya, S.Ag IPK 3,85 (terbaik ketiga) dari prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Mahasiswa terbaik satu, dua, tiga dari Prodi Tasawuf dan Psikoterapi adalah Layli Nurul Islamiyah IPK 3,75, Dwi Rizkika Syaharani IPK 3,74, dan Shofia Anahdiah IPK 3,74. Mahasiswa terbaik satu, dua, tiga dari Prodi Studi Agama-Agma adalah Vita Dzurratul Afia IPK 3,75, Jihan Sajidah IPK 3,75, Thohiratul Hasanah IPK 3,73.

Mahasiswa terbaik satu, dua, tiga prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir adalah Niki Nanda Nilasoraya,  IPK 3,85, Siti Khodijah,  IPK 3,85, Bernika Rossa Hafidza  IPK 3,84. Mahasiswa terbaik satu, dua, tiga prodi Ilmu Hadits adalah Jamilatus Zahroh,  IPK 3,88, Syachrazad Niken Basuki IPK 3,86, Nur Atik Azkiyah,  IPK 3,84.

Mahasiswa terbaik satu, dua, tiga program studi Aqidah dan Filsafat Islam adalah Mohamad Khusnial Muhtar IPK 3,79, Muhammad Rizky Shorfana IPK 3,72, Nurul Faizah 3,68. Mahasiswa terbaik satu, dua program studi Pemikiran Politik Islam adalah Roudlotul Masruroh IPK 3,76, Taufik Hidayat IPK 3,76 dan Muhammad Agus Tri Ananda IPK 3,65

Prosesi kegiatan yudisium FUF relatif berjalan khidmat, lebih lagi saat kegiatan di tutup dengan pembacaan do’a dengan penuh kekhusukan yang dipimpin oleh Ustadz Syaifulloh Yazid Lc, MA Kaprodi Tasawuf dan Psikoterapi. Lalu diakhiri dengan melantunkan lagu padamu negeri yang lirik lagunya menembus relung-relung jiwa yang terdalam.  Selamat untuk para yudisi FUF semoga dimudahkan, diselamatkan, sukses dan diberkahi dalam studi lanjut, maupun berkarier dan berkhidmat untuk umat, bangsa dan kemanusiaan.