Berita

Berkaca pada visi dan misi UIN Sunan Ampel Surabaya, pada tahun 2023 ini capaian-capaian kinerja tidak lagi hanya pada level nasional tapi perlu akselerasi dan perluasan kancah Internasional. Hal ini berlaku untuk berbagai unit kerja yang ada di bawah naungan universitas. Dalam rangka mewujudkan akselerasi dan perluasan program-program ke skala internasional, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya mengambil quick response dengan melakukan penandatanganan naskah Kerjasama atau MoA (Memorandum of Understanding) dengan Fakultas Bahasa Arab Universiti Islam Sharif Ali Brunei Darussalam pada Rabu (3/5).

Prosesi yang dilakukan secara virtual melalui Zoom Meeting ini dihadiri oleh kedua belah pihak. Dari Universiti Islam Sharif Ali Brunei Darussalam, hadir Dekan Fakultas Bahasa Arab yaitu Dr. Hajah Rafidah Binti Haji Abdullah, Wakil Dekan yaitu salah satunya Hajah Norhayati Binti Haji Abdul Karim, dan Tenaga Akademik Fakultas dari Pejabat Antarabangsa. Sementara itu, hadir bersama sejumlah pimpinan dari UIN Sunan Ampel Surabaya yang meliputi Prof. Dr. H. Ali Mudhofir selaku Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Prof. Dr. Abdul Muhid yang merupakan Wakil Rektor 3 bidang Kerjasama.

Selain dari para pimpinan universitas, prosesi penandatanganan ini juga menghadirkan penandatangan dari lingkup Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSA yaitu Prof. Dr. H. Muhammad Thohir sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang didampingi oleh Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. Hj. Jauharoti Alfin selaku Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum dan Perencanaan, Dr. H. Muhibbin Zuhri selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama serta Dr. Taufik Siraj yang merupakan Kepala Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Setelah penandatanganan naskah MoA, kedua belah pihak melakukan diskusi terkait rencana tindak lanjut MoA berupa pelaksanaan International Student Mobility dimana sejumlah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya yang telah lolos seleksi tahap akhir International Student Mobility akan diberangkatkan ke Brunei Darussalam pada Semester Gasal Tahun Akademik 2023-2024. Gerak cepat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dalam mewujudkan akselerasi dan perluasan internasionalisasi program ini menjadi tahapan penting dalam upaya mewujudkan cita-cita serta visi dan misi baik Fakultas ataupun Universitas.