Berita

Dalam rangka memperingati hari Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw 1444 H/2023, Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (HMP-PAI) mengadakan Webinar Nasional dengan tema “Implementasi Akhlakul Karimah Rasulullah Saw di Era Milenial”. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 18 Februari 2023, melalui Zoom Meeting. Webinar kali ini dihadiri oleh 800 peserta baik yang berasal dari dalam kampus maupun dari luar kampus. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB diawali dengan pembukaan oleh MC, pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Fadilahtus Sa’adah dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PAI. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana Naufal Alawy, sambutan dari Ketua Himpunan Mahasiswa PAI Prova Imam Musthofa dan sambutan dari Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam Dr. Muhammad Fahmi S.Pd.I, M.Hum, M.Pd, lalu ditutup dengan pembacaan do’a oleh M. Farriza Fawwas Azkiyyah.

Penyampaian materi inti dimulai pada pukul 09.50 WIB oleh salah satu Dosen PAI sekaligus Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya Moh. Faizin, M. Pd.I. Inti dari materi yang disampaikan oleh dosen yang lahir di Gresik ini menjelaskan tentang pentingnya peristiwa Isra’ wal Mi’raj. Mulai dari banyaknya penderitaan yang dialami Rasulullah SAW dalam berdakwah hingga didapatkannya perintah untuk menjalankan shalat yang merupakan ibadah penuh keajaiban. “Peristiwa Isra’ Mi’raj ini merupakan refresh untuk jiwa Nabi Muhammad SAW dan menjadi peristiwa Imaniyah perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, Masjidil Aqsha ke Sidrotul Muntaha, dan sampai bertemu dengan Allah SWT.

Dalam pelaksanaannya, acara berjalan lancar dan apresiasi besar disampaikan oleh Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam Dr. Muhammad Fahmi M. Hum, M. Pd atas terselenggaranya acara ini. Harapan besar juga ditujukan oleh segenap pengurus HMP PAI, dengan diadakannya webinar ini, mahasiswa di era milenial ini mampu menerapkan nilai nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari, sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW.