Berita
Webinar Nasional Himpunan Mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam 2022

Pada hari Selasa, 25 Oktober 2022, telah berhasil dilaksanakannya Webinar Nasional Himpunan Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam UIN Sunan Ampel Surabaya 2022. Webinar Nasional ini mulai dilaksanakan dari pukul 07.30 WIB – selesai. Adapun tema yang diangkat pada webinar kali ini adalah “Peran Mahasiswa dalam Membangun Masyarakat yang Adaptif dan Inovatif”. Berdasarkan tema ini, topik yang menjadi pembahasan luar biasa dalam webinar kali ini tentang bagaimana seorang mahasiswa dalam membangun masyarakat yang disekitarnya. Tentang sinergi pemberdayaan untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat terutama pasca pandemi Covid-19. Tema ini sangatlah cocok dengan program studi Pengembangan Masyarakat Islam sendiri yang dimana kelak mereka akan menjadi calon fasilitator di tengah-tengah masyarakat. Acara webinar ini dibuka resmi oleh Ketua Prodi PMI, Ibu Yusria Ningsih, S. Ag, M.Kes. Dengan data yang terkumpul, banyaknya peserta yang mengikuti webinar nasional ini kurang lebih 100 peserta.

Terdapat dua pembicara luar biasa dari latar belakang keilmuan sosial yang benar-benar terjun di tengah-tengah masyarakat. Adapun narasumber pertama oleh Dr. Elmi Sumiyarsono, ST,.MT. selaku Kepala Seksi Pelayanan Teknis UPT Lab. Lingkungan Hidup Prov. Jatim yang membawakan materi “Peningkatan Kepedulian Masyarakat terhadap Kesehatan Lingkungan”. Bagaimana yang telah dijelaskan beliau bahwa sebagai mahasiswa yang adaptif dan inovatif harus bisa melakukan pengelolahan kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat  serta membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di sekitar kita.

Narasumber yang kedua dibawakan oleh Arina Nur Fauziyah, SE, M. SE. Dengan materi yang berjudul “Sinergi Pemberdayaan untuk Meningkatkan Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat Pasca Pandemi”. Materi ini lebih dikhususkan bagaimana sinergi pemberdayaan yang bisa di tekankan pada seluruh masyarakat terutama pasca Covid-19 ini. Kedua materi yang sangat menarik dan informatif terkait pemberdayaan masyarakat membuat para peserta yang hadir begitu antusias dalam mengikuti rangkaian webinar ini dari awal hingga akhir acara.