Berita
Pengurus DPD PSI Kota Surabaya Kunjungi FISIP UINSA 

Surabaya, Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) menyambut hangat kedatangan rombongan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Surabaya pada Selasa, 01 November 2022. Kedatangan pengurus PSI tersebut selain silaturahim juga dalam rangka membahas rencana kerjasama dengan FISIP UINSA.

Hadir menerima kunjugan dalam forum silaturahim, Wakil Dekan I, Iva Yulianti, Wakil Dekan III, Moh. Syaeful Bahar, dan Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM) FISIP, Fathoni Hakim. Sedangkan rombongan pengurus PSI diwakili oleh Bro Andre, Bro Ifan dan Bro Pandu. Mereka datang mendiskusikan rencana kerjasama program antara PSI dengan FISIP UINSA pada bidang kajian politik.

Menurut keterangan Moh. Syaeful Bahar, PSI memiliki ketertarikan kepada profil FISIP UINSA yang memiliki ciri dan kekhasan berupa integrasi keilmuan antara Islam dan umum. Mereka melihat mahasiswa FISIP UINSA memberi warna yang berbeda dengan mahasiswa FISIP dari perguruan tinggi lain. Terutama ketika mahasiswa FISIP melakukan magang di Kantor DPD PSI. Mahasiswa FISIP dianggap memiliki semangat dan kometmen untuk menyesaikan semua pekerjaan dan agenda yang dibuat oleh PSI di Kota Surabaya.

Diskusi Pengurus PSI dan Pimpinan FISIP berlangsung sekitar dua jam membahas sejumlah rencana kerjasama yang akan dibuat antara PSI dengan FISIP. Diantara rencana program kerjasama yang dibahas ialah agenda kerjasama dalam bidang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Menurut Moh. Syaeful Bahar, UINSA sebagai institusi perguruan tinggi negeri memiliki tiga tanggung jawab besar meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian. Oleh karena itu FISIP bersepakat untuk melakukan kerjasama dengan pihak lain, termasuk dengan partai politik.

“Saat ini kita tinggal menunggu draf MoU dari Pengurus DPD Partai PSI Kota Surabaya, dan insyaAllah MoU akan dilakukan dalam waktu dekat” Kata Moh. Syaeful Bahar

Selain itu, dalam forum silaturahim tersebut kedua pihak juga membahas rencana kerjasama lain seperti survey politik, pendampingan dan riset-riset dalam kajian politik, serta sejumlah kerjasama lainnya yang dapat membantu memperkaya data dan informasi politik bagi pengurus DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Surabaya. Forum bertajuk silaturahim ini juga tidak luput membahas sejumlah isu terkini di dalam dinamika politik dan demokrasi di Indonesia, terutama yang berkaitan dengan pendidikan politik pemilih.