Berita

Laboratorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar Webinar Kewirausahaan dengan tema “Metode Eksperimen Dalam Penelitian Bisnis” yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting, pada Selasa (31/01/2023). Webinar kali ini dihadiri oleh Ajeng Tita Nawangsari, S.E., M.A., Ak. selaku Dosen dan Kepala Laboratorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya, dan Kadek Pranetha Prananjaya, S.E., M.A. selaku Wakil Ketua Pusat Kajian Eksperimen Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya sebagai pemateri.

Dalam penyampaiannya, Kadek Pranetha Prananjaya S.E., M.A. memamparkan definisi umum mengenai eksperimen. Menurutnya, eksperimen berbeda dengan survei dan mengacu ke ranah kuantitatif. Sehingga data yang digunakan merupakan jenis data primer. “Eksperimen yaitu adanya intervensi dari peneliti, kita bisa mengontrol kepada participant. Eksperimen juga merupakan upaya memanipulasi suatu variabel (independen) dengan mengintervensi sedemikian rupa untuk mengetahui respons variabel dependen atas manipulasi tersebut untuk mengonfirmasi hubungan sebab-akibat” ujarnya. Disela pemaparan materi, Kadek mengutarakan apabila seseorang memiliki kekuasaan, maka apa yang dikatakan selalu benar. “Seseorang yang memiliki kekuasaan dalam suatu hal, maka apapun yang keluar dari ucapannya bermakna benar” ungkap Kadek.

Kemudian beliau menambahkan, bahwa eksperimen dapat digunakan saat menguji hubungan kausalitas, menguji teori dan mencapai validitas internal yang memadai. “Ketika kita ingin mencapai validitas internal yang memadai, maka kita dapat menggunakan eksperimen” tambahnya.

Terdapat perbedaan mengenai validitas internal dan validitas eksternal. Validitas internal merupakan tingkatan sejauh mana hasil riset mampu menjelaskan hubungan sebab-akibat. Validitas Internal terdiri dari histori, maturasi, testing/efek pengalaman, instrumentasi, seleksi dan mortalitas. Sedangkan validitas eksternal merupakan tingkatan sejauh mana hasil riset mampu digeneralisasikan pada populasi. Menurutnya, ancaman validitas internal terdapat adanya karena adanya histori, maturasi, testing atau efek pengalaman, instrumentasi, seleksi dan mortalitas.

Menurut Kadek, eksperimen dapat dibagi menjadi berbagai tahapan. “Tahapan Eksperimen terbagi menjadi beberapa tahapan, yakni : Pemilihan Topik Penelitian; Perumusan Pertanyaan Penelitian; Penentuan Tujuan Penelitian; Review Literatur dan Mencari teori riset terdahulu; Mengembangkan Hipotesis; Menyusun Penelitian atau kerangka pemikiran teoritis; Desain Eksperimen; Menyusun Protokol Eksperimen; Melalui Uji Plot Rancangan Eksperimen; Pengujian Hipotesis; Analisis Hasil; dan diakhiri dengan Penarikan Kesimpulan” imbuhnya.

Dapat disimpulkan bahwa, eksperimen merupakan suatu penelitian yang berbeda, metode eksperimen terdapat intervensi dari peneliti. “Melakukan manipulasi dimana pada treatment yang diberikan dan dimiliki pada hubungan kausalitas” Pungkas Kadek. Kemudian, webinar dilanjutkan dengan sharing session dan ditutup dengan dokumentasi oleh tim terkait. [AM&ADP]