UINSA Surabaya_Wakil Dekan III, Dr. H. Moh. Syaeful Bahar, M.Si memimpin rapat rencana kerjasama dengan instansi pemerintah, Rabu, (02/08/2023). Di antaranya ialah rencana kerjasama dengan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan rencana kerjasama dengan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bondowoso.

Rencana kerjasama dengan dua instansi tersebut berupa kerjasama penelitian dengan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan bimbingan teknis (BIMTEK) dengan sekretariat DPRD Kabupaten Bondowoso. Menurut Moh. Syaeful Bahar, KemenDes PDTT telah menawarkan kerjasama riset di lokasi yang telah ditentukan yaitu di Banda Niera, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Sementara untuk bimbingan teknis, Sekretarian DPRD Kabupaten Bondowoso telah mengusulkan rencana jadwal bimbingan teknis yaitu pertengahan bulan Agustus, yang rencananya akan diselenggarakan di Surabaya.

Menurutnya, dua bentuk kerjasama ini telah dilakukan komunikasi dan tengah dalam proses penyusunan nota kesepakatan (MoU) antar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya bersama KemendesPDTT dan DPRD Kabupaten Bondowoso.

Sementara itu, tim yang terlibat dalam rapat rencana kerjasama kemitraan, juga membahas mengenai rencana tema riset dan bimtek. Tema BIMTEK yang telah disepakati ialah  tata kelola keuangan daerah dengan prinsip good financial governance berupa transparansi, akuntabilitas dan aksesibilitas. Bimtek tersebut, nantinya akan diikuti oleh seluruh pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Bondowoso.

Pelaksanaan bimtek bertujuan untuk mendorong lahirnya pengelolaan keuangan daerah yang baik yang sesuai dengan asas dan prinsip good financial governance dengan mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sementara output pelaksanaan bimtek ialah melahirkan sumber daya manusia yang memiliki pemahaman tentang tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Hadir dalam rapat rencana kerjasama, Wakil Dekan I, Dr. Iva Yulianti Umdatul Izzah, Wakil Dekan II, Dr. Aniek Nurhayati, Ketua Jurusan FathonI Hakim, M.Si, Sekretaris Jurusan, Zaky Ismail, M.Si dan sejumlah dosen yang terlibat dalam tim kerjasama dengan KemendesPDTT dan Sekretariat DPRD Kabupaten Bondowoso.