Berita

"HMTL Goes to School" oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya 2023

Surabaya, 17 Juli 2023 — Seiring berjalannya waktu populasi manusia di bumi kian bertambah. Oleh karena itu, hemat energi atau save energy adalah kewajiban bagi kita semua. Hemat energi sendiri adalah perilaku menggunakan energi sesuai dengan keperluan sehingga tidak ada energi yang terbuang sia-sia. Apabila energi yang kita gunakan lebih sedikit, maka akan menghemat biaya yang kita keluarkan dan menjadikan bumi kita lebih ramah lingkungan. Harapannya dengan menerapkan hemat energi, maka tidak ada lagi energi yang terbuang sia-sia.

Berdasarkan hal tersebut, maka Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya ingin mengadakan kegiatan HMTL Goes to School yang bertemakan save energy atau hemat energi untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi SMA/Sederajat di Kota Surabaya atau Sidoarjo mengenai pentingnya bagaimana cara penghematan energi. Melalui kegiatan ini, para siswa-siswi diharapkan dapat melakukan upaya untuk mempertahankan keberadaan energi di bumi.

Motto dari kegiatan HMTL Goes to School ini adalah Firman Allah SWT. Yang tercantum pada hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang memiliki arti:

“Sesungguhnya yang sampai kepada seorang mukmin dari amalannya dan kebaikannya setelah meninggal dunia ialah, ilmu yang ia ajarkan dan ia sebarkan, anak shaleh yang ia tinggalkan, mushaf AL-Qur’an yang ia wariskan, masjid yang ia bangun, rumah yang diperuntukkan untuk ibnu sabil yang ia bangun, sungai yang ia alirkan, sedekah yg ia keluarkan dari hartanya dalam keadaan sehat dan hidup.” (HR Ibnu Majah, Al-Baihaqi dan Khuzaimah).

Pelaksanaan HMTL Goes to School ini dilaksanakan secara luring di SMAN 22 Surabaya pada tanggal 17 Juli 2023 dimulai pada pukul 07.30 s.d selesai. Pada acar HMTL Goes to School kali ini mengambil tema Save Energy dengan judul kegiatan “Save Energy for A Better Future”.

Materi tentang Save Energy ini dibawakan oleh Bapak Ir. Teguh Taruna Utama, M.T selaku salah satu dosen Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 60 siswa/siswi SMAN 22 Surabaya.

Diakhir materi mereka akan diberikan KPP (Kegiatan Pasca Pelatihan) berupa membuat video campaign tentang materi save energy yang sudah diberikan disertai dengan contoh dan solusi permasalahan. Karya video terbaik akan diberi hadiah. Kelompok 1 sebagai juara I dan kelompok 4 sebagai juara II.

Dari kegiatan HMTL Goes to School yang mengangkat tema Save Energy ini diharapkan bagi para penerus bangsa dapat mengetahui apa pengertian  save energy, manfaat, bagaimana cara melakukan, dampak yang terjadi, solusi yang bisa dilakukan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.