Berita

Surabaya, Oktober 2023

Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel kembali mengirim sejumlah mahasiswa untuk mengikuti program student exchange ke Fakutas Pengajian Islam, Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM). Tahun lalu sepuluh mahasiswa mengikuti kegiatan yang sama di tempat yang serupa. Program ini merupakan salah satu salah satu program strategis FUF UINSA dalam Internasionalisasi Fakultas.

Para mahasiswa yang mengikuti program student exchange  adalah mahasiswa yang terpilih dalam seleksi terbuka untuk seluruh mahasiswa FUF UINSA, mulai seleksi administrasi, prestasi akademik dan non-akademik, serta wawancara. Mahasiswa terpilih diposisikan juga sebagai duta/ambassador FUF UINSA, untuk membangun relasi yang  konstruktif dan harmonis, menunjukan performan dan prestasi yang prima, serta membangun citra yang terbaik.

Pada tahun ini sembilan mahasiswa yang mengikuti program student exchange ke Fakutas Pengajian Islam, Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), yakni Abdul Mun’em Choiri, Amanda Ailsa, Fastabikhu Amal, Hanif Murtadho, Maretta Dwi Kurniasanti, Moh. Alfin Rosyidi, Muhammad Doktor Muhammad, Nur Rosita, Nur Laili Fitriyana. Kesembilan mahasiswa tersebut berasal dari Program Studi Studi Agama-Agama, Ilmu Alquran dan Hadits, Aqidah dan Filsafat Islam, ILmu Hadits, Tasawuf dan Psikoterapi, serta Pemikiran Politik Islam.  Mereka didampingi dua orang dosen, yakni Syaifulloh Yazid, Lc, M.A dan Athoillah Umar, Lc, M.A  pada saat pemberangkatan ke Universitas Kebangsaan Malaysia. Para mahasiswa mengikuti kegiatan ini mulai Oktober 2023 sampai Januari 2024.

Para mahasiswa akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di berbagai department di Fakultas Pengajian Islam Universitas Kebangsaan Malaysia. Selain itu, para mahasiswa dapat mengikuti berbagai kegiatan non perkuliahan seperti mengikuti konferensi, seminar, diskusi, bedah buku, riset, pengabdian masyarakat sampai perlombaan internasional.  Kegiatan student exchange sangat bermanafaat bagi para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman internasional dalam proses pembelajaran, peningkatan kemampuan akademik, mempelajari budaya antar bangsa, memperluas relasi dan jaringan internasional, meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, melatih kemampuan Bahasa Ibu negara lain, mengasah keterampilan hidup mandiri dan sebagainya. Mahasiswa yang mengikuti program student exchange akan lebih siap memasuki dan bersaing dalam menggapai masa depan yang lebih cerah pada aras global.