Berita

24/1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebagai salah satu Fakultas di UIN Sunan Ampel Surabaya dengan output dan outcome utama menghasilkan tenaga pendidikan tahun ini akan segera menerapkan standar ISO 21001:2018.  Ini akan menjadi momen penting karena sejatinya  penerapan ISO akan menjadikan organisasi penyelenggara jasa pendidikan seperti sekolah, universitas, hingga tempat kursus dan lembaga pelatihan pembinaan kerja mudah dalam mengevaluasi apakah lembaga pendidikan telah memenuhi kebutuhan peserta didik dan penerima manfaat layanan pendidikan lainnya.

Bertempat di ruang meeting Faklutas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya kegiatan verifikasi dan validasi dokumen ISO 21001:20218 dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Dalam sambutannya ditegaskan bahwa “sudah menjadi keharusan fakultas tarbiyah dan keguruan mempunyai sertifikat ISO 21001:2018 karena penerima layanan adalah calon guru yang nantinya akan menjadi tenaga profesional sebagai tenaga pendidik, sudah menjadi kewajiban organisasi untuk meletakkan output dan outcome lulusan yang profesional menjadi core bisnis akademik kita”. Tegasnya.  Lebih lanjut ditegaskan bahwa agenda kegiatan verifikasi dan validasi dokumen pokok program studi meliputi dokumen kebijakan mutu dan verifikasi validasi manajemen resiko organisasi sebagai langkah awal untuk menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan sesuai baseline.

Adi Gunawan, konsultan ISO 21001: 2018 menegaskan bahwa fokus kegiatan dalam melakukan varifikasi dan validasi ada dua hal; pertama dokumen kebijakan yang telah di susun oleh Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dan nantinya akan menjadi landasan utama dalam pelaksanaan ISO di FTK; serta melakukan mitigasi terhadap resiko-resiko yang dituangkan dalam dokumen manajemen resiko.

Pada sesi akhir dari proses ini,  direkomendasikan UPPS -dalam hal ini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan-, perlu meningkatkan kualitas kepuasan pelanggan/stakeholder melalui peningkatan mutu proses pembelajaran serta layanan administrasi akademik, menumbuhkan nilai dan budaya organisasi yang berkontribusi pada peningkatan kinerja Lembaga, meningkatkan pengelolaan intellectual property dosen dan mahasiswa melalui peningkatan kuantitas dan kualitas penulisan karya ilmiah, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berikut luarannya dalam bentuk publikasi ilmiah maupun Kekayaan Intelektual (KI), serta menyediakan pengelolaan manajemen data dan informasi yang terstruktur dan berpijak pada prinsip-prinsip keamanan informasi yang memadai.

Sedangkan hasil catatan dari verifikasi dan validasi dokumen manajemen resiko  antara lain terkait peningkatan pengelolaan Laboratorium (meliputi: kegiatan praktikum, modul, dan laporan praktikum), Pengelolaan Prodi yang terdiri dari Jurnal Prodi, Pengelolaan Ruang baca, Rumpun bidang keilmuan, Kurikulum Outcome-Based Education (OBE), kualifikasi dan peningkatan kompetensi SDM (Dosen dan tendik),  serta kegiatan kualitas penelitian dan pengabdian berbasis Scientific Vision pada 9 program studi.