Berita

Membuka bulan pertama pada tahun baru 2023, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan melanjutkan program rutin bulanan Research Discussion Forum (RDF) sebagai salah satu budaya akademik secara virtual pada Selasa (24/1). Mengusung dua subtema, RDF kali ini melibatkan dua pembicara dari dua universitas di bawah Kementerian Agama, yaitu Dr. Nur Aisyah Zulkifli, M.Pd yang merupakan dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan Sigit Pramono Jati, M.Pd yang merupakan dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya.

RDF dibuka oleh koordinator RDF ELED UIN Sunan Ampel Surabaya, Mokh. Syaifuddin, M.Ed., Ph.D dan dilanjutkan sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, M.Pd. Berjalan dan berkelanjutannya program ini merupakan harapan yang disampaikan oleh baik koordinator RDF maupun Dekan FTK UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada sesi pemaparan materi pertama, Ibu Dr. Nur Aisyah Zulkifli, M.Pd membagikan ide penelitian pengembangan yang sedang dilakukan yang bertajuk “Using Kvisoft Flipbook Maker to Create a Translation and Interpretation e-Module through Project-Based Learning”. Ibu Nur Aisyah baru saja menyelesaikan tahap needs analysis dan hasilnya disampaikan pada RDF ini. Penggunaan teknologi, bentuk e-Module, dan konsep project-based learning yang akan ada pada media yang sedang didesain dan dikembangkan oleh Ibu Aisyah merupakan points of interest bagi peserta yang hadir.

Bapak Sigit Pramono Jati, M.Pd mengawali sesi kedua dengan menyampaikan latar belakang penelitian yang telah dilakukan. Penelitian berjudul “Flipped learning in undergraduate English departments in Indonesia” ini juga merupakan tajuk disertasi yang beliau susun Ketika menempuh studi doktoral di University of Canberra, Australia.

Ide-ide yang disampaikan oleh kedua pembicara menjadi pemantik diskusi hangat yang dilakukan di sesi berikutnya. Selain berdiskusi tentang bentuk e-Module milik Ibu Nur Aisyah dan implementasi Flipped learning yang dibawakan oleh Pak Sigit, pembicara dan peserta juga berdiskusi tentang tips-tips bagaimana melakukan penelitian pengembangan kolaborasi dan implementasi strategi untuk mahasiswa. Budaya akademik yang baik ini akan dilanjutkan pada RDF berikutnya dengan tentunya pembicara dan topik diskusi yang berbeda.