Berita

Surabaya — (27/08/2024) Baru memasuki perkuliahan minggu kedua, Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) sudah gencar upayakan pengayaan peningkatan kompetensi dengan melangsungkan kegiatan orientasi keprodian atau kuliah tamu untuk mahasiswa program studi gizi semester 3 dan 5. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa, 27 Agustus 2024 di auditorium lantai 2 FPK dan dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Kegiatan kuliah tamu ini dimoderatori oleh Estri Kusumawati, M.Kes, selaku sekretaris prodi gizi FPK. Narasumber yang memberikan perkuliahan ialah Apt.Liza Yudistira Yusan, S.Farm., M.Farm-Klin., M.H.Kes.,CISHR. seorang Dosen Studi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi di Universitas Hangtuah Surabaya. Beliau memberikan kuliah tamu yang bertemakan “Interaksi Obat dan Makanan (Mengoptimalkan Efektivitas Terapi dengan Menghindari Efek Samping)”. Mei Lina Fitri Kumalasari., M. Kes selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Gizi juga turut mendampingi mahasiswa dalam kuliah tamu kali ini.

Setelah pembukaan, narasumber langsung memulai pemaparan materi kepada para mahasiswa. Dimulai dengan penjelasan terkait dengan adanya hubungan interaksi obat dengan makanan yang dikonsumsi, klasifikasi interaksi obat, efek antara konsumsi obat dengan makanan, konsep dasar nutrisi dengan metabolisme, mekanisme interaksi obat, dan lain sebagainya. Tentunya, para mahasiswa mengikuti kuliah tamu dengan penuh perhatian dan menyimak apa yang disampaikan oleh narasumber.

Wanita paruh baya berkacamata tersebut tidak hanya menyampaikan materi, namun juga sharing dan berdiskusi dengan para mahasiswa. Narasumber menjanjikan jajanan serta beberapa oleh-oleh dari luar negeri sebagai hadiah kepada para mahasiswa yang berhasil menjawab pertanyaan dari beliau. Tentunya mereka menanggapi dan menjawab pertanyaan dari narasumber dengan penuh antusias.

Di penghujung acara sebelum penutupan, narasumber tak lupa untuk memberikan closing statement. Beliau berpesan kepada para mahasiswa untuk selalu menjaga kesehatan dan memakan makanan yang sehat, bergizi, serta memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Setelah moderator menutup acara, tentu saja fakultas tidak lupa untuk memberikan cinderamata kepara narasumber. Sebagai penutup, para mahasiswa bersama narasumber juga mengabadikan foto bersama.

Harapannya, setelah adanya kegiatan kuliah tamu ini, para mahasiswa bisa lebih dalam memahami materi yang berkaitan dengan interaksi antara obat dan makanan. Tak hanya itu, ilmu yang mereka dapatkan dari narasumber bisa bermanfaat bagi mereka, serta dapat diterapkan kepada masyarakat di masa mendatang.

Writer: Najwa Laska Halqi
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi