Berita

[Pusma News] Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar Pelatihan Khotib bagi Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, Jum’at (26/5/2025) di Aula Lantai 5 Greensa Inn Juanda Sidoarjo.

Kegiatan ini  dihadiri oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Surabaya, Dr. KH. Syukron Jazilan, M.Ag yang didaulat menjadi pemateri pertama. Pengisi Dakwah TV9 tersebut, dalam materinya menyampaikan Teori Dakwah yang Rohmatan Lil ‘Alamiin.

Salah satu bekal pokok menjadi Khotib, menurut Kiai Syukron, bukan hanya memiliki kemampuan intelektual dan keberanian berbicara di depan umum. Keikhlasan dan menghargai yang mengundang juga sangat penting agar jadwal Khotib akan selalu abadi, misalnya datang lebih awal sebelum waktu sholat Jum’at dapat menyenangkan takmir.

Sementara itu, Prof.Dr.KH. Saiful Jazil, M.Ag selaku Kepala Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya menyampaikan bahwa pelatihan Khutbah bagi mahasiswa ini merupakan amanat dari pimpinan UIN Sunan Ampel  Surabaya. Pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 60 peserta yang merupakan perwakilan dari beberapa Fakultas dan Pascasarjana.

Dr. H. Muhammad Ghufron, M.Ag menambahkan bahwa outcame dari kegiatan ini peserta yang sudah layak akan di Jadwalkan sebagai Khotib di Masjid Kampus UINSA kampus Gununganyar dan akan didistribusikan di masjid-masjid kampung atau masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan ini sekali lagi menjadi jalan terang lahirnya para Khotib profesional, sekaligus Khotib yang komitmen pada NKRI dan Islam, Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah. [ibn]