Berita

UINSA Newsroom, Selasa (16/05/2023): Pada Hari Selasa, 16 Mei 2023 Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia menggelar Sosialisasi dengan tema, “Ideologi Pancasila Melalui Bedah Buku Islam dan Pancasila Perspektif Maqashid Syariah.” Acara ini dilaksanakan di Ruang Amphiteater Gedung Twin Towers UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Selain itu, dalam kesempatan ini dilaksanakan Penandatanganan Kerjasama antara BPIP dengan UINSA dan Peresmian Pusat Studi Pancasila di UINSA.

Dihadiri langsung Kepala BPIP RI, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.Ag., Ph.D.; Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, ST., MT.; Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. Dalam sambutannya, Rektor UINSA menyatakan, bahwa UINSA siap untuk menjadi garda terdepan dalam pembinaan dan penerapan ideologi pancasila.

“Sudah saatnya Working Ideology bukan hanya Principal Ideology. Kita harus sama-sama menerapkan Pancasila dalam kegiatan sehari-hari,” ujar Prof. Muzakki.

Persoalan Ideologi yang saat ini masih bermunculan, menurut Rektor, dikarenakan banyak pejabat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat yang masih belum selesai memahami konsep Ideologi Pancasila. “Jangan berharap apabila meningkatnya tingkat akademi seseorang, akan menjamin selesainya urusan kebangsaan,” imbuhnya.

Setelah sambutan, dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara BPIP RI dengan UINSA Surabaya. Ditandai adanya penyerahan vandel dari BPIP ke UINSA dan Wali Kota Surabaya. Serta penyerahan vandel dari UINSA ke BPIP dan Wali kota Surabaya.

Di akhir sesi, digelar pula sesi diskusi bedah buku Islam dan Pancasila:  Perspektif Maqashid Syariah karya Prof. K.H. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D. Dipandu Dr. Nabiela Naily, S.Si, M.H.I., M.A., dengan tiga pembicara utama yaitu: Prof. Dr. H. Imam Ghazali, M.A., Syaiful Arif, MH., dan Prof. Dr. H. Agus Moh. Najib, S.Ag., M.Ag. (Irm/Humas)