Berita

Guna memantangkan pementasan sebagai produk akhir dari mata kuliah Pementasan Juni nanti, Program Studi Sastra Indonesia UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan webinar bedah naskah dengan tajuk “Ngobral, Ngobrol Bareng Alumni”. Menggandeng dua sutradara kelompok untuk membedah dalam mengenai naskah,  menghadirkan  pembicara alumni sendiri yakni Audita Ressa Affanda yang telah berkecimpung lama di dunia teater untuk  turut memberikan bumbu yang pas dalam naskah. Pernah menjabat sebagai humas di UKM Sabda teater Fakultas Adab dan Humaniora secara terstruktur memberikan resep-resep dapur mengenai pementasan. Dibuka oleh sambutan ketua prodi, Bapak Haris Shofiyuddin,, M.FIl.I yang juga memberikan dukungan pada webinar yang dilakukan sebab seperti yang diungkapkan beliau, “Kegiatan semacam ini perlu dikembangkan karena menjadi salah satu cermin prodi Sastra Indonesia.” Webinar yang diikuti oleh mahasiswa Sastra Indonesia dan pihak eksternal berjalan kondusif dan terstruktur.

Selain Audita Ressa Affanda, ada kedua mahasiswa Prodi Sastra Indonesia yang bertugas menjadi sutradara pada agenda pementasan yang direncanakan. Sebagai informasi, Prodi Sastra Indonesia UIN Sunan Ampel Surabaya memiliki mata kuliah Pementasan yang memiliki agenda tugas akhir berupa kegiatan pementasan. Kegiatan ini diisi oleh berbagai pertunjukkan yang ditampilkan oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut. Kedua sutradara yang pada kesempatan ini menjadi narasumber bedah naskah adalah Nurunnisa’ Itsnaini dan Nur Iqnatul Nadia.

Nurunnisa’ Itsnaini menyampaikan tanggapannya mengenai naskah drama yang akan dipentaskan, yaitu sebuah bentuk alih wahana dari cerpen berjudul “Pemintal Kegelapan” karya Intan Paramadhita. Naskah ini merupakan bentuk alih wahana oleh Muhammad Nizar Rahmanto, seorang mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Sementara itu Nur Iqnatul Nadia juga turut menyampaikan hasil pembacaannya pada naskah “Opera Jaran Goyang” yang ditulis oleh Muhammad Nizar Rahmanto.

Tips dan trik untuk menyukseskan pementasan tak tertinggal untuk didawuhkah oleh alumni yang diungkapkan pada bagian akhir webinar. Diungkapnya dengan semangat bahwa membaca naskah secara tepat, mengekspor ekspresi, dan banyak berlatih. Akhir webinar ditutup dengan perbincangan ringan seputar teater dan pemberian kesan pesan dari pemateri (Risalah).