Berita

UINSA Newsroom, Jumat (08/09/2023); Dalam upaya meningkatkan literasi dan persiapan yang lebih baik bagi generasi muda yang ingin menunaikan ibadah haji, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, bekerjasama dengan Bank Jatim Syariah dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), menggelar talkshow bertema ‘Financial Planning Haji Muda.’ Acara ini juga menjadi momentum untuk meluncurkan Gerakan Haji Muda, Kamis (07/09/2023).

Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. (Rektor UINSA), H. Husnul Haram (Kepala Kemenag Jatim), Harry Alexander (Anggota Badan Pelaksanaan BPKH), dan Umi Rodiyah (SEVP Usaha Syariah Bank Jatim) menjadi narasumber talkshow yang di buka Edi Masrianto (Direktur Keuangan, Treasury & Global Services Bank Jatim).

Dalam pemaparannya, Rektor sangat mengapresiasi BPKH yang bekerja sama dengan Bank Jatim Syariah. Rektor berharap, para peserta yang hadir memiliki keinginan untuk merencanakan pendaftaran haji sejak usia muda. “Literasi yang hari ini dilakukan oleh BPKH yang bekerja sama dengan Bank Jatim syariah, keren. Karena akan merubah mindset anak muda, merubah mindset anak millenial dari prinsip spending more than saving. Sekarang ini, akan berpindah dengan prinsip saving is planning,” ujarnya.

Acara tersebut juga diisi dengan diskusi interaktif antara narasumber dan peserta, yang memungkinkan peserta untuk bertanya dan berbagi pengalaman terkait perencanaan haji muda. Pada akhir acara, UINSA, Bank Jatim Syariah, dan BPKH secara resmi meluncurkan Gerakan Haji Muda. Sebuah inisiatif yang bertujuan untuk menginspirasi, mendidik, dan memberdayakan generasi muda agar bisa menunaikan ibadah haji dengan lebih mudah dan terencana.

Dengan adanya talkshow Financial Planning Haji Muda dan peluncuran Gerakan Haji Muda ini, diharapkan generasi muda akan semakin siap secara finansial dan mental untuk menjalani ibadah haji. Sehingga mereka dapat melaksanakan kewajiban agama ini dengan penuh rasa syukur dan khusyuk.

Penulis: M. Jihad Annafsi N.A KH
Redaktur: Nur Hayati
Foto: Tim Humas
Editor Foto: Nurmasriadin Setiawan