Berita
Tingkatkan Skill Membuat Media Pembelajaran Berbasis Video, Prodi PGMI Hadirkan Dosen Tamu dari IAIM Sinjai

Pendidikan Indonesia termasuk di negara-negara lainnya, kini tengah mengalami persoalan serius karena tidak semua pendidik dan peserta didik, juga orang tua benar-benar siap dalam menghadapi era New Normal dalam belajar dan mengajar di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini. Banyak persoalan muncul di masyarakat terkait pelaksanaan proses belajar mengajar secara daring di tengah pandemi Covid-19 ini. Banyak keluhan yang muncul terkait pembelajaran daring, seperti bagaimana cara memahami karakter psikologis peserta didik dan pendidiknya agar pola pengajaran Belajar Dari Rumah (BDR) yang diberikan dapat tepat guna.

Kemudian bagaimana pula persiapan para pendidik guna menyiasati kesulitan peserta didik belajar dari rumah yang notabene banyak gangguan dengan segala permasalahannya. Bagaimana pula dengan pola belajar dari rumah jika posisi rumah peserta didik dan rumah pendidik yang susah signal, minim perangkat komputer, gawai/gadget/laptop yang tidak mendukung. Tak hanya itu, pertanyaan yang juga kerap muncul bagaimana pula seorang pendidik harus sigap dan kreatif dalam membuat sebuah virtual classrom yang menarik agar peserta didik tetap fokus dan tidak bosan pada layar kaca PC atau gawainya dalam proses belajar seharian.

Persoalan pembelajaran tersebut banyak terjadi pada proses pembelajaran daring. Selama proses pembelajaran daring banyak kendala yang di temukan. Terutama dalam penyampaian materi pada proses pembelajaran dan penyampaian tugas peserta didik yang harus diselesaikan secara mandiri. Dalam penyampaian materi selama proses pembelajaran dari rumah, media yang digunakan masih kurang menarik bagi peserta didik, sehingga banyak peserta didik yang belum paham materi yang diajarkan oleh guru, sehingga hasil belajar yang dihasilkan peserta didik hampir sebagian besar di bawah ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. Kendala tersebut biasanya terjadi karena guru hanya memberikan tugas melalui PPT yang hanya mengambil dari buku pelajaran. Ketidakpahaman peserta didik tersebut menyebakan hasil belajar peserta didik juga masih banyak yang rendah dan banyak peserta didik yang tidak melaporkan hasil percobaannya.

Dari permasalahan tersebut maka guru seharusnya memperbaiki proses pembelajarannya dan berkeinginan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media video pembelajaran. 

Mengingat pentingnya pembuatan media pembelajaran, Kamis, 08 September 2022 Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar kuliah tamu perdana pada mata kuliah Media Pembelajaran. Menghadirkan dosen tamu dari IAIM Sinjai, Bapak Safruddin, M.Pd.I memberikan materi sekaligus praktik dalam pembuatan media pembelajaran berbasis video. Sesi pertama berupa teori tentang media pembelajaran berbasis video, selanjutnya langkah2 video seperti disesuaikan dengan materi yg akan disampaikan, penyusunan skenario, teknik pengambilan video dengan sarana pendukungnya, pengenalan berbagai software editing video. Beliau menjelaskan bahwa video adalah sebuah gambar yang dapat bergerak dengan tambahan suara. Gambar bergerak yang terdapat seragkaian alur dan menampilkan pesan dari bagian sebuah gambar untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Video pembelajaran adalah suatu media yang dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku dan dalam pengembangannya mengaplikasikan prinsip-prinsip pembelajaran, sehingga program tersebut memungkinkan peserta didik mencermati materi pelajaran secara lebih mudah dan menarik. 

Pada sesi kedua praktik pembuatan media pembelajaran berbasis video, dan dalam kegiatan ini peserta diberikan bahan praktik berupa software filmora, video, template video, dan musik. Selanjutnya dipandu oleh pemateri tentang penggunaan bahan tersebut sampai bisa menjadi karya media pembelajaran.