UINSA Surabaya_Dalam rangka usaha meningkatkan rata-rata tingkat kelulusan tepat waktu bagi mahasiswa Ilmu Politik, Sosiologi dan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan program pendampingan dan membagi jadwal sidang skripsi ke-dalam tiga gelombang.  

Program pendampingan dan pelaksanaan sidang skripsi ke dalam tiga gelombang menjadi salah satu cara yang efektif dilakukan tiap-tiap prodi agar mahasiswa lulus tepat waktu. Hingga saat ini di Prodi Ilmu Politik telah berhasil meningkatkan partisipasi sampai 35 mahasiswa yang ikut ujian skripsi di semester genap tahun ini. Sementara di Prodi Sosiologi terdapat 34 mahasiswa yang berpartisipasi mengikuti jadwal ujian skripsi.  
 
Menurut sekretaris Prodi Ilmu Politik, Ajeng Widya Prakasita, bahwa program pendampingan dan pelaksanaan sidang skripsi ke dalam tiga gelombang juga telah berhasil mendorong mahasiswa semester akhir yang hampir droup out ikut termotivasi menyelesaikan tugas skripsi dan mengikuti ujian.

“tidak hanya mahasiswa semester delapan saja yang berpartisipasi, tetapi juga mahasiswa semester akhir seperti angkatan 2016 juga berhasil kita motivasi untuk bisa ikut ujian skripsi di semester ini” jelasnya.

Sementara di Prodi Sosiologi, Sekretaris Prodi Sosiologi, Masitah Efendi mengaku sampai menyiapkan dua meja untuk menfasilitasi mahasiswa agar sidang skripsi dapat dilaksanakan sesuai jadwal gelombang yang telah direncanakan.

“kita sampai menyiapkan dua meja agar mahasiswa bisa ikut sidang ujian skripsi” akunya.

Jadwa sidang ujian skripsi di prodi sosiologi yaitu tanggal 4-7 juli dan tanggal 11-13 Juli 2023. Sementara di prodi ilmu politik juga terjadwal 4-7 Juli dan 11-13 2023. Sebagai akibatnya ruang prodi hampir penuh dengan dokumen skripsi mahasiswa.