Training alat laboratorium menjadi salah satu kegiatan yang diadakan oleh Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam penggunaan alat-alat laboratorium. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Jumat (16/9) di Laboratorium Kimia Dasar dan Laboratorium Marine Zoological, Gedung Terpadu UINSA Kampus Gunung Anyar ini dihadiri oleh 11 peserta yang terdiri atas dosen dan mahasiswa program studi Biologi UIN Sunan Ampel Surabaya. Training ini juga dihadiri oleh Kepala Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi UINSA, Yuanita Rachmawati, M.Sc.

Kegiatan training ini diisi oleh Panji dan Samuel selaku teknisi dari PT BUCHI Indonesia yang merupakan supplier untuk alat rotary evaporator. Samuel memaparkan terkait fungsi dan cara pengoperasian rotary evaporator, mulai dari penyalaan alat, pengisian aquades pada chiller, cara memasang labu evaporasi, cara memasukkan sampel dan pelarut dalam labu evaporasi, dan pengaturan suhu serta tekanan pada saat alat berjalan. Pemaparan yang disampaikan oleh Samuel diiringi oleh praktik secara langsung atau hands on pada alat rotary evaporator. 

Melalui training ini, Laboratorium FST UINSA berharap para mahasiswa dan dosen dapat meningkatkan skill dan kompetensi dalam pengoperasian alat laboratorium khususnya rotary evaporator demi kelancaran kegiatan penelitian maupun praktikum yang ingin dilakukan di masa depan.