Training alat laboratorium menjadi salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh InoverseLab Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam penggunaan alat-alat laboratorium. Pada hari Senin (26/9) di Laboratorium Biologi Dasar, Gedung Terpadu UINSA Kampus Gunung Anyar ini dihadiri oleh 10 peserta yang terdiri atas mahasiswa dan dosen program studi Biologi UIN Sunan Ampel Surabaya. Training ini juga dihadiri oleh Kepala Program Studi Biologi UIN Sunan Ampel Surabaya, Esti Tyastirin, M. KM.

Kegiatan training ini diisi oleh Product Specialist OLYMPUS dari PT Fajar Mas Murni yang merupakan principal untuk alat mikroskop binokuler. Pemaparan yang disampaikan yaitu mengenai cara pengoperasian mikroskop binokuler OLYMPUS CX23, cara mengatur kecerahan lampu LED mikroskop, cara mengatur perbesaran lensa mikroskop, serta cara mengamati preparate dengan benar menggunakan mikroskop binokuler OLYMPUS CX23. Selain presentasi oleh product specialist, training juga diiringi oleh praktik pengoperasian mikroskop oleh mahasiswa. Pada sesi hands on ini, mahasiswa berkesempatan untuk mengamati sediaan preparat secara langsung di bawah mikroskop.

Saat diwawancara, Afina Anjani Ibtisam, mahasiswa Biologi UINSA merasa excited saata akan mempraktikkan pengamatan preparate menggunakan mikroskop. “Alat mikroskop yang ini masih baru, jadinya harus hati-hati dalam pengoperasiannya.” Jelas Afina. InoverseLab FST UINSA berharap para mahasiswa dan dosen dapat meningkatkan skill dalam pengoperasian alat mikroskop binokuler sehingga dapat menjalani penelitian maupun praktikum dengan lancar.