Berita

Laboratorium

Friday, 12 August 2022

TINGKATKAN KEAHLIAN BIDANG MOLEKULAR, PLP FST UINSA BERPARTISIPASI DALAM WORKSHOP DETEKSI HALAL BERBASIS DNA

12/08/2022. Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) bekerjasama dengan PT. Sciencewerke menyelenggarakan serangkaian kegiatan pengujian halal berbasis DNA yang dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 10-11 Agustus 2022. Kegiatan ini terdiri dari sesi teoritis dan praktis. Sesi teoritis dilakukan secara daring, membahas tentang basic pengujian molecularadvance technology yang digunakan, hingga langkah-langkah teknis kegiatan praktis yang akan dilakukan. 

Kegiatan praktis dilakukan secara luring di kampus UMSurabaya. Kegiatan ini diisi dengan pengujian halal dari berbagai sampel uji menggunakan Real Time PCR seri terbaru CFX Opus yang dimiliki oleh teknologi BioRad. Hingga saat ini, Real Time PCR masih menjadi Gold Standar dalam pengujian berbasis molekular. Tidak hanya digunakan dalam deteksi halal saja, fungsi Real Time PCR ini juga digunakan dalam cakupan yang sangat luas, seperti pengujian Covid-19 hingga pengujian nasab.

PLP FST UINSA yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Ninik Fadhillah, S.Si dan Muh. Ma’arif, S.Pd. “Kegiatan ini sangat penting untuk diikuti, mengingat perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Hal ini tentunya harus diiringi dengan kedinamisan peningkatan kompetensi PLP”, ungkap Ninik Fadhillah. Muh. Ma’arif, menambahkan bahwa kegiatan pelatihan semacam ini dapat diselenggarakan oleh Laboratorium FST UINSA di kampus Soekarno. Laboratorium FST kampus Soekarno dilengkapi dengan fasilitas instrumen Real Time PCR terkini. Dengan menggandeng vendor, kegiatan workshop seperti ini dapat dengan mudah terealisasi dan berpotensi menjadi pendapatan UINSA. (NF)