Berita

Perpustakaan

Friday, 12 August 2022

Perpustakaan UINSA Kirim Delegasi di Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia ke-13

Selasa, 09 Agustus 2022. Forum Perpustakaan Digital Indonesia (FPDI), Perpustakaan Nasional dan Universitas Sebelas Maret (UNS) berkolaborasi dalam penyelenggaraan Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-13 di Solo yang berlangsung pada 09-11 Agustus 2022.

Mengusung tema Revitalisasi Perpustakaan Digital dalam Percepatan Transformasi Pengetahuan untuk Masyarakat Sejahtera”, kegiatan ini diawali dengan orasi ilmiah oleh Kepala Perpustakan Nasional, Drs. Muhammad Syarif Bando, MM.

“Siapapun harus bisa menyejahterakan rakyat dan anak bangsa, tidak terkecuali perpustakaan melalui kegiatan literasi yang bebasis tingkat pendidikan. Anak usia SD atau MI dengan kemampuan baca, tulis dan hitung. SMP atau MTs dengan akses bacaan yang terjangkau, terpercaya dan terlengkap. SLTA atau MA-D3 dengan kemampuan memahami bacaan secara tersurat dan tersirat. Demikian juga S1-S2 dengan kemampuan inovasi dan kreasi untuk menciptakan produk barang atau jasa yang mampu berkompetisi secara global.” ungkap Syarif Bando.

Kegiatan KPDI ke-13 di Solo dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, yaitu oleh Sumarno, SE., MM. dengan diawali dengan sambutan.

“Perpustakaan dengan digitalisasi yang berprinsip mudah, murah serta akses dimanapun dan kapanpun harus dikunjungi oleh lebih banyak masyarakat sekaligus mampu merubah budaya viral menuju intelektual.” tutur Sumarno.

Hary Supriyatno, S.Ag., M.Pd. yang merupakan delegasi dari Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya turut hadir bersama 352 pustakawan dan pegiat literasi dari seluruh penjuru Indonesia. Selain itu KPDI ke-13 ini juga dihadiri Bupati Kediri, Bupati Gowa, Bupati Mojokerto, Bupati Kudus, Kepala Perpusda seluruh Indonesia dan tentunya Wakil Walikota Solo sebagai tuan rumah. (HS-Dep)