Berita

Rabu, 22 November 2023 Prodi Hukum Keluarga Islam FSH UINSA mengadakan diseminasi penelitian. Kegiatan ini diselenggarakan di Mootcourt Lantai 3 Gedung B FSH UINSA. Kali ini, tema yang diangkat yakni “Melacak Stigma dan Diskriminasi: Rintangan Pertunangan Penyandang Kusta di Madura, Indonesia.” Diseminasi hasil penelitian merupakan kegiatan rutin yang menjadi agenda dari Prodi HKI FSH UINSA. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyampaikan  informasi atau menampilkan hasil karya ilmiah kepada khalayak luas. 

Diseminasi Penelitian HKI FSH UINSA

Kendati demikian, kegiatan diseminasi ini tidak hanya dilakukan dalam satu tempat melainkan juga berlangsung secara daring melalui zoom. Sehingga mahasiswa yang tidak bisa menghadiri secara langsung tetap bisa mengikuti secara daring. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. Fahruddin Ali Sabri, S.H.I, M.A. dan Mukhammad Nur Hadi, M. H sebagai moderator jalannya acara. Keduanya merupakan Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UINSA.

Tak hanya itu, diseminasi penelitian ini juga untuk memberikan informasi dan pengetahuan yang dihasilkan dari sebuah penelitian. Selain itu diharapkan juga mampu memotivasi mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam untuk berkarya dalam penelitian. Kegiatan tersebut membahas terkait bagaimana problematika yang harus dihadapi oleh penyandang kusta di Madura. Mereka seringkali mendapat perlakuan diskriminatif, pengucilan, pengusiran dan ketidaksetaraan dari masyarakat.

Pemahaman dan tradisi menghindari pernikahan penyandang kusta dan keturunannya masih tetap dipegang masyarakat hingga sekarang. Sehingga hal tersebut memberikan dampak akan sulitnya mencari calon pasangan dan risiko ditinggalkan pasangan bagi mereka. Melalui topik pembahasan yang cukup menarik tersebut, membuat para peserta diseminasi baik di lokasi maupun secara daring menunjukkan antusiasnya.

Banyak pertanyaan yang diajukan mahasiswa Prodi HKI FSH UINSA kepada narasumber baik melalui luring maupun daring. Dengan demikian, adanya diseminasi ini menjadi langkah yang positif untuk dijadikan sebagai ajang diskusi dan bertukar pendapat antara kedua belah pihak. Acara berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir. Tak ketinggalan, narasumber juga melakukan sesi foto bersama Kaprodi HKI Dr. Holilul Rohman, MHI dan penyerahan sertifikat.