Berita

FISIP UINSA, dalam rangka menindak lanjuti rencana kerjasama kemitraan tentang penyusunan Laporan Kinerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gresik, tim Fisip kembali berkunjung ke Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Gresik, selasa (14/02/2023).

Tim Fisip diwakili Seketaris Jurusan, Zaky Ismail, bersama Sekretaris Dewan DPRD Gresik, Mokh. Najikh membicarakan lebih lanjut terkait hal-hal teknis dan administrasi di dalam penyusunan Riset Laporan Kinerja DPRD Gresik tahun 2022. Dalam perbicaraan yang berlangsung sekitar 2 jam, kedua belah pihak menyepakati beberapa hal seperti jumlah nilai kerjasama, schaedule pelaksanaan, tahapan pelasanaan dan diseminasi laporan akhir Riset Laporan Kinerja DPRD Gresik.

Sementara itu, Seketaris Dewan DPRD Gresik, Mokh. Najikh mengatakan, kerjasama penyusun Riset Laporan Kinerja DPRD Gresik dinilai sangat penting guna memberi imput positif untuk evaluasi kinerja DPRD Gresik di tahun berikutnya. Pihaknya berharap Laporan yang nantinya akan disusun tim ahli dari Fisip Uinsa menjadi laporan yang objektif dalam mengukur sejauh mana kinerja DPRD Gresik selama tahun 2022.

“Barangkali salah satu alasan Pak Ketua mengajak Perguruan Tinggi untuk menysusun Laporan Kinerja DPRD Gresik, mungkin karena ingin laporan kinerja bisa lebih objektif, kalau kita sendiri yang nilai kan bisa jadi kurang objektif” tuturnya.  

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-Undangan, Liveria Hestuningtyas, menyampaikan beberapa hal teknis terkait tahapan penyusunan yang meliputi pemberian dokumen, kelas fraksi, rapat dengan Komisi, dan evaluasi hasil laporan serta diseminasi laporan akhir kinerja DPRD Gresik tahun 2022.

“Setelah tahapan-tahapan tersebut selesai, nanti di akhir biasanya ada finalisasi laporan kinerja tahun 2022, mungkin untuk Kelas Fraksi awal maret sudah bisa dimulai” jelasnya.

Menanggapi beberapa penjelasan tersebut, Zaky Ismai mengatakan, bahwa Fisip Uinsa telah menyiapkan Tim Ahli untuk menyusun Laporan Kinerja DPRD Gresik tahun 2022. “Insya Allah sudah ada sejumlah dosen yang telah disiapkan untuk menyusun laporan kinerja secara objektif dan profesional” tuturnya.

Sekedar untuk diketahui sebelmunya, pada tanggal 30 Januari 2023,  Dekan Fisip Uinsa, Abd Chalik, bersama Ketua DPRD Gresik,, telah menyepakati tentang kerjasama kemitraan terkait Penyusunan Laporan Kinerja DPRD Gresik tahun 2022 dan Penyusunan Naskah untuk Raperda yang masih dalam proses pengajuan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

(umam)