Berita

Tim SNPDB UINSA Pastikan Kualitas Seleksi Melaui FGD Riview Soal 2023

UINSA Newsroom, Sabtu (11/02/2023); TIM Ahli SNPDB dari UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar acara Focused Group Discussion (FGD) Review dan Revisi Soal Tes Potensi Belajar (TPB) dan Tes Akademik Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madarasah Aliah (MA) Unggulan Tahun 2023. Bertempat di Royal Tulip Darmo Surabaya. Berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 11 sampai dengan 13 Februari 2023.

Prof. Dr. Kusaeri, M.Pd selaku ketua Tim Ahli SNPDB MAN Unggulan Tahun 2023 menyampaikan bahwa acara ini merupakan tindak lanjut dari acara sebelumnya tanggal 28 sampai 30 Januari. Secara keseluruhan soal sudah dikumpulkan ke panitia, akan tetapi panitia perlu mengecek terlebih dahulu soal-soal yang sudah terkumpulkan agar tidak ada kesalahan sebelum diupload ke sistem. “Alhamdulillah keseluruhan soal sudah kami terima akan tetapi soal-soal tersebut masih perlu kita cek secara berulang-ulang agar meminimalisir kesalahan-kesalahan sebelum di upload ke sistem soal,” ujarnya.

Guru Besar bidang evaluasi UIN Sunan Ampel Surabaya itu melaporkan bahwa soal-soal yang terkumpul masih ada beberapa kesalahan, dan beliau berharap para reviewer benar-benar mengecek satu persatu soal secara teliti dan melakukan pembetulan soal jika diperlukan. “Soal yang terkumpul sudah siap diinput ke sistem setelah diriviu, kami sempat  menemukan beberapa kesalahan atau Bahasa yang kurang tepat digunakan pada soal, misalnya kata yang belum tuntas, konteks yang terlalu kedaerahaan jawa agar diubah jadi Bahasa baku Bahasa Indonesia, dan kesalahan ketik pada soal juga masih kita temukan. Oleh sebab itu mari kita betulkan bersama-sama agar soal sesuai dengan harapan kita semua.” pungkasnya. 

Selanjutnya Prof. Kusaeri menyampaikan rasa terima kasih atas kerja keras seluruh tim yang terlibat dan menyampaikan bahwa acara ini akan berlangusng selama 3 (tiga) hari sebagai upaya untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal mengingat kualitas soal sangat penting untuk memperoleh kelulusan SDM yang unggul. “Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh reviewer yang telah hadir dari seluruh Indonesia, juga kepada seluruh tim yang mengawal dari awal sampai saat ini. Semoga acara ini berjalan dengan lancar dan kita bisa menuntaskan target-target kita.”tutupnya.

FGD  Review dan Revisi Soal PTB dan Tes Akademik SNPDB 2023 dibuka oleh Dra. Hj. Nanik Puji Hastuti, M.Si selaku Kepala Subdirektorat Kesiswaaan Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.  Dalam sambutanya beliau menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh Tim Ahli dari UINSA Surabaya dan seluruh tim yang terlibat pada proses pembuatan soal. “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim, terutama dari tim Ahli dari UIN Sunan Ampel Surabaya, para pakar, dan keseluruhan yang hadir disini. Beberapa proses sudah dilalui oleh tim penyusun soal dan malam ini merupakan langkah yang penting untuk memastikan bahwa soal-soal yang nantinya jadi tolak ukur siswa yang terpilih pada seleksi SNPDB 2023.” ucapnya.

Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menyampaikan tentang proses reviu soal, “Saya melihat proses pengawalan soal ini secara berlapis sejak penyusunan kisi-kisi, baik untuk soal tes akademik maupun untuk soal tes kesiapan belajar. Terima kasih untuk Kerjasama baik yang telah dilaksanakan oleh seluruh pihak, mulai dari penulis dan reviewer soal yang hebat di masing-masing mata uji.”

Harapan besar disampaikan Hj. Nanik terhadap hasil dari seleksi SNPDB 2023 ini. Soal-soal yang dibuat lebih dikembangkan agar mendapatkan siswa-siswa yang memilki perkembangan kecerdasan pola pikir dan kreatifitas yang lebih mumpuni. “Soal-soal pada seleksi 2023 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kami berharap nantinya siswa-siwa yang terpilih pada seleksi 2023 memiliki kemamuan pola pikir dan kemampuan kreatif dari awal terpilih sehingga MAN Unggulan dapat menjadi kebanggaan KSKK Madarasah dan Mendapatkan kebanggaan bagi masyarakat.” ujarnya.

Diakhir sambutan disampaikan Hj. Nanik bahwa kinerja semua Tim telah menghasilkan SDM yang unggul dan telah diakui oleh berbagai pihak. Hal itu dibuktikan dari naiknya jumlah pendaftar setiap tahun dan apresiasi dari berbagai pihak. “Kinerja keras kita telah diapresiasi oleh para pimpinan seperti Pak Menteri Agama, Bappenas, dan Kementerian Keuangan. Bahkan jumlah pendaftar lebih banyak dan meningkat setiap tahunnya. Hal ini membuktikan Bahwa SDM kita yang unggul telah lebih diakui di masyarakat. Saya berharap Bapak/Ibu semua menjaga integritasnya agar kedepan kita semakin unggul dan dapat membawa pendidikan madarasah menjadi lebih baik lagi”, tutup beliau sebelum membuka acara. 

Prof. Dr. Hj. Wiwik Setiyani, M.Ag., selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuanganjuga turut hadir dalam mengawal berlangsungnya kegiatan ini. “Alhamdulilah prestasi madrasah akhir-akhir ini semakin banyak dan menjadi daya tarik masyarakat. Sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa untuk tahun ini, pendaftar madrasah untuk tingkat MA meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.”  (All/Humas)