Berita

Surabaya, 13 September 2023

Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (FUF-UINSA) Surabaya menggelar Silaturahmi Akademik: Temu Orang Tua Mahasiswa Baru dengan Tim Manajemen, Rabu 13 September 2023 di Gedung Auditorium UINSA. Hadir pada pertemuan tersebut ratusan orang tua mahasiswa baru dari berbagai daerah, baik dari Jawa maupun luar Jawa. Juga hadir pada pertemuan tersebut Wakil Rektor bidang AUPK Prof. Dr. Wiwik Setiyani, M.Ag, Pimpinan Fakultas, Jurusan, Program Studi, dan para tenaga Pendidikan.

Kegiatan Temu Orang Tua Mahasiswa Baru dengan Tim Manajemen dibuka oleh Wakil Rektor bidang AUPK Prof. Dr. Wiwik Setiyani, M.Ag. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi kefakultasan, mulai profil fakultas yang disampaikan oleh Dekan FUF Prof. Abdul Kadir Riyadi, M.Ssc, Ph.D, Kebijakan akademik dan kelembagaan disampaikan oleh Wakil Dekan 1 Dr. Muhammad Zamzami, Lc, M.Ag, Kebijakan Uang Kuliah Tunggal (UKT disampaikan Wakil Dekan 2 Dr. Khoirul Umami, M.Ag, Kode Etik Mahasiswa dan Kebijakan Pengembangan Kemahasiswaan disampikan oleh Wakil Dekan 3 Dr. Andi Suwarko, M.Si, terakhir materi terkait system monitoring studi mahasiswa disampaikan oleh Sub Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan Nanang Kholidin, S,Pd.

Pasca pemaparan materi kefakultasan, dibuka sesi dialog memberikan kesempatan kepada orang tua mahasiswa baru untuk menyampaikan aspirasi, meminta klarifikasi atas berbagai hal, sampai menyampikan ekspektasi terhadap putra-putri mereka dan  tim manajemen FUF UINSA. Salah satu ibu dari orang tua mahasiswa menyampaikan kegalauan terkait bagaimana merawat hafalan alqur’an anaknya yang sudah tidak lagi berada di lingkungan pondok pesantren, apa yang bisa dibantu oleh FUF UINSA. Ada juga orang tua mahasiswa yang menyampaikan permohonan keringanan/banding  UKT. Juga ada yang menyampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap kegiatan temu orang tua mahasiswa dengan tim manajemen FUF UINSA ini sudah memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan orang tua mahasiswa, di samping itu memantapkan keyakinan orang tua mahasiswa  bahwa putra-putrinya kuliah di fakultas yang tepat, juga  ada yang menyampaikan komitmen untuk bersama-sama memastikan putra/putri mereka sukses studi dengan moral/etika/akhlak yang mulia. Dekanat FUF UINSA merespon pertanyaan, asiprasi, klarifikasi dan ekspektasi yang disampaikan para orang tua wali secara solutif dan konstruktif.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan musyawarah pemilihan pengurus Ikatan Orang Tua Mahasiswa (IKOMA) FUF UINSA.  Orang Tua Mahasiswa berkumpul per program studi lalu mengusulkan dua nama menjadi calon pengurus IKOMA. Dua belas orang tua mahasiswa dari enam prodi selanjutnya berdiri di depan dan diminta menyampaikan program dengan lima kata. Selanjutnya kedua belas orang tua mahasiswa dipilih  oleh orang tua mahasiswa. Bapak Syaiful Huda (Alumni Pondok Pesantren Darussalam Gontor)  mendapatkan suara terbanyak, mendapatkan mandate sebagai Ketua/Koordinator IKOMA FUF UINSA masa bakti 2023-2027.  

Pada kegiatan tersebut dilakukan sosialisasi tabungan santri dan tabungan haji dari Bank Jatim Syariah (BJS). Tabungan santri bisa digunakan untuk menabung yang dipersiapkan untuk membayar UKT setiap semester. Tabungan haji memfasilitasi mahasiswa atau orang tua mahasiswa yang ingin merencanakan pembiayaan haji lebih terukur.